• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Di Hadapan Veteran, Iriana Ungkap Makna Dibalik Namanya

9 November
12:43 2018
1 Votes (5)

KBRN, Bekasi : Ibu Negara Iriana Joko Widodo berbagi kisah asal muasal namanya kepada sejumlah veteran yang hadir dalam acara acara silaturahmi Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) di Komplek Seroja, Kelurahan Harapan Jaya,  Kecamatan Bekasi Utara,  Kota Bekasi,  Jum'at (09/11/2018).

Kisah itu terkuak, saat salah seorang wanita paruh baya menyampaikan ungkapan terima kasihnya atas perhatian yang diberikan Ibu Negara beserta jajaran OASE-KK kepada seluruh anggota Warakawuri. Saat itu,  wanita paruh baya tersebut salah mengucapkan nama Iriana menjadi Iriani. 

" Kami atas nama Warakawuri dari korban perang Timtim,  kami bergembira dan bersuka cita atas kehadiran Ibu Iriani, " katanya yang dibalas Iriana dengan tawa. 

"  Loh keliru,  berarti ndak pernah lihat televisi? " canda Iriana. 

"  Lihat Ibu,  maksudnya Iriana,  saya ingatnya Irian Barat, " sambung wanita paruh baya itu lagi.

"  Ohiya,  nama saya Iriana karena Mbah saya,  Mbah tahu ndak ibu-ibu? Iya Kakek,  bertugas di Irian Barat tahun 1963 untuk kenangan waktu kerja di Irian Barat maka pada saat saya lahir akhirnya diberikan nama Iriana," jelas Iriana di sambut tepuk tangan tamu undangan yang hadir. 

Wanita paruh baya itupun menyampaikan permohonan maafnya dan menjelaskan bahwa dirinya mengingat nama Iriana saat peristiwa Pembebasan Irian Barat. 

" Mohon maaf Ibu,  karena saya ingatnya Ibu pasti lahirnya saat pembebasan Irian Barat tahun 1963," katanya. 

Pada kesempatan itu,  Ibu Negara juga menceritakan pengalamannya saat mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kenegaraan ke Timor Leste (red. dulu Timur Timor). Disana,  Iriana bersama Presiden Jokowi menyempatkan diri untuk mengunjungi pemakaman Santa Cruz,  tempat dimana sebagian masyarakat pro Indonesia dimakamkan dalam penembakan demonstran di Dili pada 12 November 1991 silam. 

" Kami nyekar orang Indonesia yang meninggal dalam aksi demonstrasi di Timtim yang dimakamkan disana,  banyak sekali ternyata masyarakat Indonesia yang dimakamkan di Santa Cruz itu, " terang Ibu Negara. 

Iriana juga menyinggung mengenai kondisi di perbatasan Indonesia dengan Timur Timor yang saat ini kondisinya sudah sangat baik dibandingkan sebelumnya. 

"  Setelah itu meresmikan perbatasan Timtim dengan Indonesia yang dulunya sangat rawan namun sekarang sangat bagus dibangun oleh Indonesia, " kata Iriana. 

Usai berdialog singkat dengan warakawuri yang hadir,  Iriana juga memberikan bingkisan kepada sejumlah warakawuri yang telah maju ke depan untuk menceritakan kisah perjuangan dalam perang murni Timor-Timur. 

Tidak hanya bingkisan,  Iriana juga memberikan hadiah sepeda kepada warga Seroja juga hadiah kacamata kepada warga Seroja yang membutuhkan. Dua orang maju ke panggung untuk menerima hadiah kacamata sebagai simbolis.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00