• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Lima Kecamatan Di Aceh Singkil Sudah Terkena Dampak Banjir

9 November
05:22 2018
0 Votes (0)

KBRN, Singkil : Persoalan musibah banjir yang yang kerap terjadi setiap akhir tahun melanda wilayah Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh, sampai saat ini masih belum ada solusi untuk mengatasi musibah langganan tersebut. baik dari Pemerintah Daerah, Provinsi, maupun dari Pemerintah Pusat. Dimana, kondisi dampak banjir ini di Aceh Singkil Kamis (8/11/2018) semakin meluas.

Ketika RRI mengkonfirmasi Kepala Badan Penanggulan Bendana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Singkil H.Sulaiman ST, melalui petugas data dan laporan (Pusdalops) Rosiana Kusuma Wardani Kamis (8/11/2018) menjelaskan, setelah terjadi bencana banjir di Kecamatan Suro, Desa Bulusema dan Desa Lae Bangun pada Selasa (6/11/2018) kemaren, serta Kecamatan Simpang Kanan dan Kecamatan Gunung Meriah. kemudian dampak  banjir tersebut saat ini Kamis (8/11/2018) sudah meluas ke Kecamatan Singkil Utara dan Kecamatan Singkil.

"Pagi ini kami memang mendapatkan laporan bahwa di Kecamatan Singkil Utara dan Kecamatan Singkil memang air sudah mulai naik di daerah tersebut, baik di perumahan warga maupun di jalan - jalan nasional." Jelas Rosiana Kamis (8/11/2018)

Kemudian tambah  Rosiana terkait mengenai  kejadian banjir di Kabupaten Aceh Singkil ini, diakibatkan hujan yang terus menerus mengguyur wilayah itu sendiri beberapa hari terakhir. Sehingga akibat dari dampak banjir kali ini, terendamnya beberapa jalan Nasional yang menghubungkan Kecamatan ke ibukota Kabupaten.

"Penyebab banjir tahunan ini, di karenakan beberapa terakhir  wilayah Aceh Singkil terus diguyur hujan. Sehingga beberapa jalan nasional sempat digenangi air," Tambahnya.

Selanjutnya Rosiana menyebutkan, bahwa dampak lain yang sempat merendam fasilitas  umum akibat banjir di Kabupaten Aceh Singkil ini. Ialah Kantor Camat Singkil Utara, Kantor Kepala Urusan Agama (KUA) Singkil Utara, serta juga mengakibatkan terendamnya rumah penduduk di Desa Ketapang indah dan Desa Kampung Baru Kecamatan Singkil Utara. 

Sementara untuk Kecamatan Singkil sendiri yang terkena banjir tahunan ini, Desa Ujung bawang, Desa pea bumbung, Desa Kuta simboling, Desa Teluk Rumbia, dan Desa Rantau Gedang.

Kemudian terkait mengenai upaya yang dilakukan Pemerintah setempat mengenai musibah banjir itu, BPBD, TNI/Polri, Dinas Sosial, Camat di Kabupaten Aceh Singkil langsung turun meninjau ke lokasi banjir. Serta BPBD setempat masih terus melakukan pemantauan dan koordinasi, serta membuat laporan.  

"Juga selain melakukan peninjauan dan pendataan, kita telah menghidupkan alarm Siaga 1 Ews Banjir. yang terletak tepatnya di Desa Ujung Bawang, Kecamatan Singkil," Pungkasnya

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00