• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Pengusaha Restoran Aceh Barat Diminta Sediakan Kuliner Halal

8 November
21:13 2018
5 Votes (3.4)

KBRN, Meulaboh: Dinas Periwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Aceh Barat, meminta pemilik restoran dan pengusaha kuliner menyediakan makanan halal yang sesuai dengan syariat Islam.

"Pemilik usaha wajib menyediakan manu makanan yang halal, ini sebagai wujud kepedulian pemda mengatur tata kelola bisnis kuliner," kata Kepala Disparbudparpora Aceh Barat, Nyak Cut Syam, kepada RRI, Kamis (8/11/2018).

Karena itu pihaknya memberikan pemahaman itu melalui pertemuan dengan para pengusaha kuliner di daerah setempat dalam satu pertemuan workshop pengelolan restoran, rumah makan dan cafe halalan tyyiban, di gedung PKK Aceh Barat.

Melalui upaya tersebut diharapkan dapat mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke daerah setempat, kuliner merupakan salah satu keharusan yang disediakan daerah yang menyambut kunjungan wisatawan domestik maupun luar negeri.

"Kita harapkan industri bisa tumbuh, kita tidak membuat pemetaan, semua restoran harus menyediakan makanan halal sesuai syariat. Di awali dari cara memperlakukan bahan makanan itu, seperti ayam, harus disebelih sesuai syariat," sebutnya.

Sementara itu Kabid Pariwisata Aceh Barat, Eva Nurlaita, menambahkan, pihaknya berupaya memberikan pemahaman tersebut kepada pengusaha sehingga industri yang berkembang di daerah setempat adalah usaha berbasis syariat Islam.

"Ketika makanan sudah ada kepastian halal dan haram, tentunya hal ini akan membuat masyarakat semakin yakin untuk mengkonsumsi produk kuliner Aceh Barat. Dengan demikian usaha warga kita akan lebih berkembang," sebutnya.

Dalam acara workshop sehari itu, diikuti 20 peserta, hadir sebagai pemateri dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia atau yang disebut LPPOM, Drs Fahrur Razi, Ketua MPU Aceh Barat Tgk H Abdurrani.

Sekretaris Dinas Perdagangan Muddasir bersama Zakaria, serta dari manageman perusahaan tambang PT Mifa Bersaudara, Azizon Nurza, menjelaskan prospek dan peluang pengembangan bisnis di daerah setempat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00