• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Dorong Peningkatan Ekspor Maluku, Eksportir dan Pemangku Kepentingan Tatap Muka

8 November
20:19 2018
1 Votes (5)

KBRN, Ambon : Untuk meningkatkan nilai ekspor Maluku, seluruh eksportir diundang untuk berdialog pada Gathering Eksportir dan pelantikan tim peningkatan ekspor, di Aula Kantor Gubernur Maluku, Kamis (8/11/2018).

Para eksportir bebas menyampaikan keluhan mereka kepada pemerintah maupun pemangku kepentingan yang berkaitan dengan kegiatan ekspor. 

Ketua Tim Peningkatan Ekspor Maluku, yang juga Asisten 3 Setda Provinsi Maluku,  Zulkifli Hasan mengatakan, usai dilantik langkah  awal yang  dilakukan yaitu merumuskan  program kerja tim dengan melibatkan pemerintah kabupaten/kota. 

"Nanti kita akan rapat dengan tim dari kabupaten/kota untuk merumuskan program kerja tim peningkatan ekspor Maluku. Karena tim kita ini di provinsi, sedangkan komoditas ekspor banyak yang didapat dari kabupaten," ujarnya 

Menuruntya, peluang ekspor Maluku sangat besar  di sektor perikanan, kelautan dan perkebunan. Dengan komoditi ekspor ikan tuna dan kerapuh dengan  negara  tujuan Amerika, Jepang, dan Vietnam. 

Selain ikan, potensi lain seperti rumput laut, mutiara, pala dan cengkeh juga mulai dilirik eksportir. 

"Ekspor yang mulai dibidik rumput laut dan mutiara. Potensinya sangat besar. Kita upayakan nanti bukan ekspor bahan mentah tetapi berbagai olahan sehingga nilai jualnya juga tinggi," tandasnya

Peningkatan ekspor Maluku tidak terlepas dari peran Bea dan Cukai. Kepala Kanwil Bea dan Cukai Maluku, Finari Manan mengatakan, pihaknya terus memberikan dukungan kepada para eksportir, salah satunya melalui gathering, yang  bertujuan untuk memetakan permasalahan yang menjadi kendala para eksportir. 

Biaya operasional yang tinggi serta konektivitas transportasi udara menjadi kendala utama untuk meningkatkan volume ekspor. 

"Tim peningkatan ekspor yang terdiri dari semua unsur terkait, bisa memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi eksportir. Sehingga diharapkan, jumlah devisa dan volume ekspor mengalami peningkatan," ujarnya.

Dengan kehadiran tim percepatan ekspor Februari 2018, jumlah eksportir ikan saat ini bertambah menjadi 8 dan menyerap  428 tenaga kerja. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00