• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Feature

Kampung Tentara di Malang, Upaya TNI Dekat dengan Rakyat

8 November
16:53 2018
1 Votes (4)

KBRN, Malang : Fasilitas umum yang dimiliki oleh anggota TNI Divisi Infanteri 2/Kostrad Singosari Malang kini juga bisa digunakan oleh masyarakat umum. Mulai dari fasilitas kolam renang, olahraga, hingga hiburan bisa dinikmati warga sipil. Adalah ‘Kampung Tentara’, area fasilitas umum dinisiasi oleh Divisi Infanteri 2/Kostrad Singosari. Meski belum diluncurkan secara resmi, namun banyak warga yang kini menikmati fasilitas di kampung tersebut.

Manajer Kampung Tentara, Letnan Chb (Kowad) Nastiti Wulandari mengungkapkan, konsep Kampung Tentara berangkat dari fasilitas umum yang yang diberikan dari divisi untuk anggota TNI dan keluarganya. “Awalnya Kampung Tentara dibuat supaya anggota bisa meningkatkan kemampuan masing-masing, mulai dari kemampuan renang militer, mengolah tubuh di fitness center, dan yang lainnya,” ujar Nastiti, Kamis (8/11/2018).

Tetapi sejalan dengan perkembangan waktu, Divisi Infanteri 2/Kostrad Singosari ingin meningatkan fungsi kampung tentara, jadi tidak hanya untuk anggota TNI, namun juga bisa bisa digunakan bagi masyarakat umum. Khususnya sebagai loksi ‘rest area’ bagi warga yang melakukan perjalanan jauh. Sebab lokasi Kampung Tentara berada di jalur utama akses jalan Malang-Surabaya.

“Kami juga prihatin karena sepanjang Jalan Raya Singosari sering terjadi kecelakaan. Kami menduga salah satu factor penyebab kecelakaan adalah pengendara yang kelelahan. Akhinya TNI berfikir bagiamana membuat rest area, akhirnya tercetuslah ide membuat Kampung Tentara,” tuturnya.

Nastiti menjelaskan, fasilitas yang ada di Kampung Tentara tak hanya kolam renang dan arena olahraga, namun juga layanan cuci dan bengkel mobil, pusat makanan atau food court unik, tempat ngopi, kolam renang, wisata Kelinci, wisata buah Naga, pemancingan, dan wahana permainan seperti arena ‘Paint Ball’ dan ‘Air Soft Gun. “Ke depan fasilitas ini akan terus ditambah,” ungkap Nastiti.

“Untuk café atau tempat ngopi pun kami desain unik, yakni berkonsep ‘Army Look’. Selain berada di kontainer, konsep café nya  dibuat seolah-olah pengunjung seperti berada di markas pasukan PBB,” imbuhnya.

Ia menjamin, fasilitas yang dibuka untuk umum ini tidak akan mengganggu TNI yang berada di lingkungan Divisi Infanteri 2/Kostrad Singosari dalam menjalankan aktifitasnya. Sebab pengeloal sudah membuat jadwal tersendiri bagi TNI maupun masyarakat umum ketika menggunakan fasilitas tersebut. “Masyarakat tidak perlu segan untuk datang ke Kampung Tentara, karena memang kampung ini konsepnya dari TNI untuk rakyat, jadi masyatakat silahkan masuk saja,” tegas dia.

Untuk menikmati fasilitas di Kampung Tentara, masyarakat umum hanya perlu membayar senilai Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu per fasilitas. Keamananan dan keselamatan untuk fasilitas permainan pun dijamin aman. “Pembuatan Kampung Tentara tidak berorientasi pada keuntungan, bagi kami untung rugi bukanlah masalah, karena tujuan utama kita untuk memfasilitasi warga dan mendekatkan diri dengan rakyat,” tandasnya.

Salah seorang warga, Basir mengaku senang dengan keberadaan Kampung Tentara. Warga Song-song Singosari ini senang menggunakan fasilitas pemancingan di kampung tersebut. “saya sering mancing ikan disini. Selain tempatnya nyaman, ikannya banyak, lokasinya juga terjangkau,” pungkas Basir.  

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00