• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Desa Bena Kabupaten TTS Juara I Tingkat Nasional Lomba Daerah Irigasi Teladan 2018

8 November
15:42 2018
1 Votes (5)

KBRN, Kupang : Desa Bena di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur meraih juara I Nasional lomba Daerah Irigasi yang diselenggarkan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR tahun 2018.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur Andreas W. Koreh, lomba pengelolaan Daerah Irigasi oleh Kementerian PUPR merupakan event tahunan, untuk mendorong daerah-daerah penghasil padi terus meningkatkan produktifitasnya.

Sementara, mengelola Daerah Irigasi (DI) di Wilayah kering seperti di Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah hal yang unik yang sering diibaratkan sebagai member dalam kekurangan, berbeda dengan daerah lainnya yang memiliki sumber air sangat mencukupi.

Kepala Dinas PU Provinsi NTT Andre Koreh menjelaskan,selaih juara I Nasional Daerah Irigasi, NTT juga meraih sejumlah juara dalam tiga kategori lomba.

Prestasi yang diraih adalah, juara I lomba operasi dan pemeliharaan daerah irigasi teladan tingkat nasional yaitu OP Daerah Irigasi di Desa Bena Kabupaten Timor Tengah Selatan menyisihkan  Daerah Irigasi Bila Provinsi Sulawesi Selatan sebagai juara II dan Daerah Irigasi Gumbasa Provinsi Sulawesi Tengah sebagai juara III.

Hasil lomba lainnya diraih Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah, juara III Lomba Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) tingkat nasional yaitu P3A Oetaman di Daerah Irigasi Bena Kabupaten Timor Tengah Selatan.

NTT juga meraih juara III Lomba Juru Jaringan Irigasi Permukaan Tingkat Nasional atas nama saudara Meo Selan, Juru Pengairan Daerah Irigasi Bena Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Hasil terakhir yang diraih Provinsi NTT adalah, juara III Lomba Pengamat Pengairan Teladan Tingkat Nasional atas nama Meyleta Muskanan, pengamat daerah irigasi Tilong di Kabupaten Kupang.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur Andreas W. Koreh kepada RRI di Kupang, Kamis (08/11/2018), mengatakan, penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR pada 06 November 2018 di Jakarta. Pihaknya menyampaikan terimakasih kepada  Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Kabupaten Kupang , Balai Sungai NTT II dan seluruh stakeholder atas komitmen dan kerja bersama sehingga empat prestasi tersebut dapat diraih.

Menurutnya, untuk mendukung visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur NTT periode 2018-2023, yaitu NTT Bangkit Menuju Masyarakat Sejahtera Dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, terutama dalam misi ketiga menekankan tentang peningkatan ketersediaan dan kualitas infrastruktur di NTT. Oleh karena itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi NTT sebagai perangkat daerah yang mempunyai tugas membantu Gubernur melaksanakan urusan pemerintahan bidang pekerjaan umum dan penataan ruang yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada daerah.

Oleh karena itu, komitmen bersama Dinas Pekerjaan Umum saat ini adalah, terus melaksanakan seluruh tugas dan tanggungjawab, baik dalam bidang pembangunan sumber daya air maupun pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan demi kemajuan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00