• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Banyak Warga Madiun yang Asam Urat dan Gula Darahnya Tinggi

8 November
15:26 2018
0 Votes (0)

KBRN,  Madiun : Pelayanan kesehatan melalui pendekatan keluarga menjadi salah satu cara Puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga.   

Hal demikian karena keluarga sebagai fokus dalam pendekatan pelaksanaan program Indonesia Sehat memiliki 5 fungsi yaitu fungsi afektif, sosialisasi, reproduksi, ekonomi dan fungsi pemeliharaan kesehatan.   Itulah sebabnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun dalam beberapa bulan ini giat melaksanakan Program Keluarga Sehat (Prokesga) dengan mendatangi setiap keluarga. 

Dalam kegiatan ini, para petugas dari puskesmas dibekali folder untuk merekam data masing-masing keluarga. Folder tersebut berisi antara lain data keluarga meliputi komponen rumah sehat,  data individu anggota keluarga yang mencantumkan karakteristik individu serta kondisi individu yang bersangkutan tentang penyakit yang diidapnya dan sebagainya. 

Tenaga kesehatan lingkungan dari Puskesmas Mlilir, Titis Rini Astuti saat ditemui RRI ketika melakukan screening di desa Candimulyo Dolopo Kabupaten Madiun, Kamis (8/11/2018) mengatakan, dari sejumlah desa yang telah dikunjunginya masalah kesehatan yang paling banyak diderita masyarakat antara lain gula darah dan asam urat tinggi.

“Dari tiga desa yang kami screening ini, ternyata masyarakat banyak yang hasil pemeriksaannya gula darahnya tinggi dan asam uratnya tinggi, untuk PT-nya,” kata Titis.

Selain melakukan cek kesehatan bagi seluruh anggota keluarga, tenaga kesehatan dari puskesmas tersebut juga melakukan penyuluhan atau sosialisasi tentang pola hidup sehat.  Menurut Titis, saat ini dari sejumlah desa yang dikunjungi ternyata masih ada keluarga yang belum  memiliki WC atau kakus. Dan setiap hari keluarga tersebut membuang kotorannya di sungai.  Selain itu, ada juga keluarga yang sulit membuang kebiasaan merokok padahal ada balita dalam keluarga tersebut. 

  • Tentang Penulis

    Moch. Haryono

    Ada Kepiting di Rumah Kaca ......... Ada Berita Penting, Silakan Dibaca

  • Tentang Editor

    Heri Firmansyah

    Redaktur RRI-Online

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00