• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

BNN Musnahkan 57,4 Shabu dan 66.490 Butir Pil Ekstasi

8 November
11:00 2018
0 Votes (0)

KBRN-Jakarta: Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk yang ke-12 kali nya melakukan pemusnahan barang bukti narkoba hasil penangkapan dan penindakan sejak bulan September hinga November 2018.

Berdasarkan penindakan tersebut, Kepala Badan Narkotika Nasional Komisaris Jendral Polisi (Komjend Pol)  Heru Winarko mengatakan, pihak BNN akan meningkatkan koordinasi dengan sejumlah pihak berwenang.

"Antisipasi kita, sebelum mereka masuk ke Indonesia kita antisipasi disana. Ada beberapa kita antisipasi kerjasama dengan luar negeri," jelas Heru Winarko.

Dalam penangkapan barang narkoba berjenis shabu dan pil ekstasi tersebut, sebanyak 25 orang berhasil ditangkap dan dijadikan tersangka oleh Badan Narkotika Nasional.
"Ini sebenernya dari tiga jaringan, tapi menyebar ke kaki-kakinya (kurir) dan 25 orang udah kita jadikan tersangka," ujar Kepala BNN Komjend Heru Winarko.

Selain penanganan pengedar narkoba di wilayah perbatasan, Kepala BNN Komjend Heru Winarko juga mengatakan bahwa BNN telah berhasil melakukan penangkapan di wilayah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di berbagai daerah Indonesia dengan bantuan dari pihak lapas daerah.

"Alhamdulillah, dari lapas  berperan. Jadi kita tidak lagi kedalam, mereka (lapas) yang menyerahkan ke kita. Jadi kerjasama dengan lapas untuk menyerahkan para napi yang beroperator di dalam lapas," Pungkasnya lagi.

Adanya peredaran dan pengendalian narkoba dari dalam lapas, anggota komisi III DPR RI Hinca Pandjaitan menyampaikan bahwa komisi III berharap adanya sinergitas antara Kemenkumhan dan BNN untuk membersihkan lapas dari barang haram narkoba.

"Ini terus kami kejar, baik di kemenkumham agar melakukan sinegri yang cukup," ungkapnya.

Disamping itu politikus fraksi partai Demokrat tersebut juga berpendapat, perlunya kedekatan BNN secara langsung di dalam penindakan pengendalian narkoba diwilayah lapas.

"Saya berharap BNN ada di lapas itu, sama seperti tadi mendampingi teman-teman di APII (bandara) untuk itu betul-betul dekat dengan persoalan itu," tambahnya.

"Menurut saya iya, karena mau tidak mau sindikat yang disebutkan pak kepala tadi udah melebar kemana-mana ujung-ujungnya sampe ke lapas itu sendiri," Tukas Hinca saat mengikuti kegiatan pemusnahan barang narkoba berjenis shabu dan pil ekstasi di kantor Badan Narkotika Nasional, Jakarta.

Sebanyak 57,4 kilogram jenis Shabu dan 66.490 butir pil ekstasi yang telah berhasil diamankan oleh BNN dari berbagai wilayah di Indonesia, telah dimusnahkan dengan dua alat khusus pembakaran barang haram narkoba dilingkungan perkantoran BNN Cawang, Jakarta.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00