• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Kominfo Ajak Pemilih Pemula Waspadai Informasi HOAX

8 November
14:37 2018
3 Votes (4.7)

KBRN, Yogyakarta : Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo, Rosarita Niken Widiastuti mengajak generasi muda pemilih pemula, untuk mewaspadai sebaran informasi hoax lewat media sosial, menjelang Pemilu 2019.

"Konflik pemilu dipicu informasi menyesatkan lewat medsos, faktanya, saat ini terjadi tsunami informasi", ungkap Niken, saat berbicara dalam Forum Dialog Pemuda Sadar Pemilu, di Universitas Negeri Yogyakarta, Kamis (8/11/2018).

Ia juga menjelaskan, mudahnya penyebaran informasi hoax, akibat tingginya pengguna internet di Indonesia mencapai 143 juta. Ditambah lagi tingginya jumlah pengguna ponsel pintar kisarannya 415 juta, lebih tinggi dari jumlah penduduk mencapai 265 juta jiwa.

"Ciri-ciri hoax, bahasanya provokatif, konten informasi biasanya tidak wajar, juga cenderung memojokkan pihak tertentu", ucapnya.

Sehingga, mantan Direktur LPP RRI itu menyampaikan tips untuk mencegah tersebarnya informasi hoax secara luas, yaitu tidak ikut menyebarkan informasi kebenarannya diragukan.

"Jangan ikut menyebar hoax, tetapi juga jangan cuex dengan pemilu, dan yang terpenting tidak asal memilih pemimpin", imbuhnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00