• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Warga Kelurahan Paal Putih Protes Pengambilan Material Untuk Reklamasi Sebagai Penyebab Banjir

8 November
12:24 2018
1 Votes (5)

KBRN, Sorong : Kritikan atas usaha pertambangan galian golongan C dikota Sorong semakin nyaring terdengar, hal itu tampak pada kegiatan sosialisasi pertambangan galian golongan C yang dilakukan dibeberapa titik di Sorong, satu diantaranya di Distrik Sorong Barat yang berlokasi dikelurahan Paal Putih yang sudah dikeluhkan warga dalam beberapa waktu terakhir terutama disaat musim penghujan tiba.

Kepala Dinas Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kota Sorong, Julian Kelly Kambu menegaskan semua kegiatan usaha harus memperhatikan aturan yang berlaku, sebab jika tidak ditaati maka akan berdampak pada kerusakan lingkungan sehingga disaat musim tertentu akan merugikan warga.

"Memang kita akui bisnis galian C ini begitu menjanjikan, kita harapkan kendati banyak peminat, semua harus mematuhi aturan, jangan sampai nanti ketika persoalan datang baru cari dinas PPLH, apalagi kalau merugikan masyarakat yang ada disatu daerah" kata Julian Kelly Kambu, Kamis (8/11/2018).

Lurah Pal Putih, Nicolas J. Leatemia mengatakan kegiatan pertambangan galian C dikelurahan Paal Putih cukup meresahkan warga, sebab disaat musim penghujan tiba dikawasan ini terjadi banjir dan merugikan warga, sehingga dibutuhkan diskusi agar kegiatan pertambangan tidak semakin merugikan masyarakat, karena diakui kegiatan galian C turut berperan pembangunan di Kota Sorong.

"Keluhan yang kami terima sudah semakin banyak, dari debu, banjir, dan lingkungan yang rusak, oleh karenanya perlu adanya pembahasan lebih lanjut, agar masalah yang terjadi dikelurahan Paal Putih ini tidak menjadi masalah berkepanjangan" kata Nikolas Leatemia. 

Sosialisasi pertambangan galian golongan C di kelurahan Paal Putih berlangsung dinamis dimana warga yang hadir juga menyampaikan keluhan dan meminta agar meninjau kembali aktivitas pertambangan galian golongan C jika tidak mematuhi aturan yang berlaku.

Aktivitas tambang galian C yang dilakukan di kelurahan Paal Putih Distrik Sorong Barat selama menjadi pemasok bahan material timbunan untuk kawasan reklamasi dipantai Dofior Kota Sorong.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00