• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Ratusan Nelayan Ikut Lomba Perahu Layar Tradisional Jawa-Bali

7 November
14:59 2018
0 Votes (0)

KBRN, Banyuwangi : Ratusan nelayan dari Jawa dan Bali, Rabu (7/11/2018) mengikuti lomba perahu layar tradisional, yang melintasi selat Bali. Untuk menjadi juara, ratusan nelayan tersebut harus menaklukkan seluruh peserta serta ganasnya Selat Bali, dengan kondisi derasnya angin, ombak dan gelombang yang cukup tinggi.

Ketua Kelompok Nelayan Selat Bali Bulusan, Sujarno, Rabu (7/11/2018) mengatakan, lomba perahu layar tradisional merupakan ajang tahunan, untuk memeriahkan Petik Laut Rabu Wekasan yang dilaksanakan oleh nelayan Bulusan, dan peserta yang hadir tidak hanya dari banyuwangi melainkan dari Bali hingga Madura.

"Saat ini sudah ada 75 perahu yang medaftar, yang merupakan nelayan sekitaran Bulusan, ada juga teman - teman dari pesisir pantai yang ada di Banyuwangi dan dari Bali dan Madura," ungkap Sujarno.     

Dalam lomba tahun ini para peserta harus benar - benar mempersiapkan diri, karena kondisi cuaca di Selat Bali, memasuki musim pancaroba, sehingga mereka berlomba mengalahkan derasnya angin, ombak dan gelombang di selat Bali. 

"Tahun ini lebih sulit, anginnya kencang, gelombangnya juga tinggi ini, jadi harus kerja keras mengendalikan arah perahu, dan yang terpenting adalah jamunya mas agar tenaganya bisa kuat," ujar Haerullah, salah satu peserta dari Tanjung Bayuwangi, Rabu (7/11/2018). 

Lomba perahu layar tradisional tersebut aturannya cukup sederhana yaitu perahu layar tradisional harus menyeberangi Selat Bali dari start Pantai Ketapang menuju Pantai Gilimanuk Bali, kemudian kembali lagi  tempat start semula, yakni Pantai Ketapang, dan setiap peserta menempuh waktu kurang dari 30 menit. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terbaru

   

Polres Malang Kota Terapkan Tilang Elektronik

00:00:00 / 00:00:00