• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

DLH Subang Siap Bangun Sarana dan Prasarana Pengelolaan Sampah Terpadu di DAS Citarum

7 November
14:45 2018
0 Votes (0)

KBRN, Subang : Subang bersiap diri dalam menyambut, pembangunan sarana dan prasarana pengelolaan sampah terpadu 6 Kabupaten/Kota di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum dengan metode Bank Sampah, yang merupakan program bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang Dr H Yayat Sudrajat mengatakan, Pembangunan sarana dan prasarana pengelolaan sampah terpadu di 6 DAS Kabupaten/Kota ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat melalui pengelolaan sampah dengan baik dan menjadi nilai rupiah, yang tadinya membahayakan kini membahagiakan.

Pembangunan sarana dan prasarana pengelolaan sampah terpadu ini kata Yayat, juga untuk mendukung program Citarum Harum, yang digelorakan oleh Pemerintah dan TNI-AD, yakni Kodam III Siliwangi.

"Banyak program pemerintah yang nantinya akan dibangun di Subang, termasuk salah satunya pusat saur ulang sampah dengan skala 10 ton, Bank Sampah induk dengan kapasitas 1 ton, Biidigester, motor samph dan mesin cacah sampah, guna mendukung optimalisasi saran dan prasarana pengelolaan sampah terpadu mati," terang Dr H Yayat kepada Radio Republik Indonesia di Subang, Rabu (7/11/2018).

Menurutnya, pembangunan sarana dan prasarana pengelolaan sampah terpadu itu, dibutuhkan dukungan dari masyarakat, artinya dibutuhkan adanya perubahan mindset masyarakat untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan pengolahan sampah, hingga terwujudnya lingkungan rumah tangga yang tanpa sampah.

"Harus ada keseriusan juga dari Pemkab Subang, dalam mengedukasi masyarakat agar mindset masyarakat bisa di rubah," tegasnya.

Yayat berharap, dengan pembangunan sarana dan prasarana pengelolaan sampah terpadu ini bisa menjadi spirit dalam meraih Piala Adipura.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00