• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Masyarakat Desa Air Anyir Gelar Perayaan Rebo Kasan

7 November
14:20 2018
0 Votes (0)

KBRN, Sungailiat : Masyarakat Desa Air Anyir, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel)  menggelar perayaan Rebo Kasan, Sebagai sebuah Tradisi pada Bupan Syafar yang sudah dilaksanakan secara turun temurun di desa tersebut.

Acara yang dilaksanakan di Masjid Jami Baithul Islam Air Anyir, Dusun Temberan, Dihadiri oleh Gubernur Dan Wakil Gubernur Provinsi Babel Erzaldi Rosman dan Abdul Fatah, Bupati Kabupaten Bangka Mulkan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Babel dan Ustat Yusuf Mansyur sebagai Penceramah.

Bupati Bangka Mulkan, ketika memberikan sambutan di kegiatan tersebut mengatakan, beberapa acara seperti Rebo Kasan, Nujuh Jerami, Ruwahan dan Lain Sebagainya merupakan Agenda Tahunan untuk meningkatkan Pariwisata di Kabupaten Bangka.

"Tradisi perayaan Rebo Kasan ini memberikan dampak positif terhadap masyarakat sebagai sarana untuk membangun silaturahim antarsesama warga, mudah - mudahan tradisi Rebo Kasan yang mempunyai makna cukup baik ini dapat berdampak positif bagi masyarakat maupun daerah ini, agar tetap dijaga kelestariannya," kata Bupati Bangka Mulkan, Rabu (7/11/2018).

Setelah mendengarkan beberapa sambutan dari para Petinggi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, acara yang dimulai dari jam 8 pagi tersebut, dilanjutkan dengan mendengarkan ceramah Ustat Yusuf Mansyur dan diakhiri dengan acara Nganggung bersama oleh seluruh Masyarakat yang hadir di Desa Air Anyir.

Diharapkan, acara Rebo Kasan yang sudah menjadi Tradisi turun-temurun di Desa tersebut, kedepannya dapat dikelola dengan lebih Baik, Sehingga dapat menjadi suatu Agenda Wisata Religi yang memperkenalkan Adat Budaya di Kepulauan Bangka Belitung ke Masyarakat Luas.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00