• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Tingkatkan Patisipasi Pemilih Wanita, KPU Baubau Gelar Sosialisasi

6 November
15:33 2018
1 Votes (5)

KBRN, Baubau : Komisi Pemilihan umum (KPU)  Kota Baubau mengelar sosialisasi pemilihan umum kepada   sejumlah  organisasi wanita guna tingkatkan partisipasi pemilih perempuan dalam Pileg dan Pilpres 17 April 2019 mendatang.Selasa,(6/11/2018).

Ketua KPU Kota Baubau Edy Shabara mengungkapkan, pemilih perempuan di kota Baubau belum begitu aktif dalam menyalurkan hak pilihnya setiap kali pelaksanaan pilkada,  hat itu  terbukti pada Pemilihan kepala daerah Juni lalu,  jumlah pemilih perempuan yang datang ke TPS lebih sedikit jika dibanding pemilih laki-laki.

“Mengapa Perempuan, karena pemilih laki-laki lebih aktiflah dari perempuan sehingga kami ingin menekankan kepada perempuan, selain itu sesuai regulasi kita harus memperhatikan keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen dan kami juga ingin mengembalikan fungsi-fungsi perempuan apalagi sekarang zamannya emansipasi wanita,”Jelas Edy.

Ia menyebutkan, berdasarkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) saat ini, pemilih perempuan lebih mendominasi DPT sekitar 54 ribu orang, sementara pemilih laki-laki 52 ribu orang.  

Menurutnya kelompok perempuan utamanya yang tergabung dalam organisasi perempuan dianggap paling aktif dan  berpengaruh untuk memberikan informasi tentang pemilu kepada anggota organisasinya maupun keluarga terdekatnya.

Selain itu lanjut Edy, demi kemajuan daerah sangat penting untuk mendorong kaum perempuan agar aktif dalam pemilu 2019 nanti,  utamanya dalam menentukan wakil rakyat di Kota Baubau.

“Kami inginkan perempuan itu lebih aktif datang ke TPS apalagi hasilpilkada kemarin perempuan itu sangat kurang ke TPS,”Lanjutnya.

KPU Baubau juga menargetkan  dapat meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu 2019 mendatang,  sesuai dengan target Nasional  KPU RI minimal 77,5 persen sedang Kota Baubau baru mencapai  73 persen  pada Pilkada 2018 lalu.

Sebagai salah satu komponen bangsa Ia berharap, agar seluruh perempuan di Kota Baubau yang namanya masuk dalam DPT untuk bersama-sama ke TPS dan menyalurkan hak pilihnya pada April 2019 mendatang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00