• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Dosen Pascasarjana UMB Raih Gelar Doktor Ilmu Komunikasi di Unpad

3 November
16:04 2018
2 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Promovendus Irmulan Sati dilantik sebagai Doktor dalam bidang Ilmu Komunikasi pada Universitas Padjadjaran Bandung dalam Sidang Terbuka Promosi Doktor yang dipimpin oleh Dr Dadang Sugiana, M.Si, di Gedung Pascasarjana Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Unpad, Jatinangor, Jl Raya Bandung-Sumedang, Jumat (2/11/2018) siang.

Disertasi Promovendus berjudul "Pola Komunikasi dan Budaya Organisasi di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Studi Etnografi Komunikasi pada Tindak Tutur Pegawai)", berhasil dipertahankan di depan Tim Penguji yang dipromotori Prof Dr Engkus Kuswarno, M.S, dengan yudisium "Sangat Memuaskan". 

Dalam disertasinya, Promovendus Irmulan Sati menilai secara umum para speaker atau komunikator di Kementerian Komunikasi dan Informatika telah memiliki kemampuan yang memadai dalam menyusun kalimat yang sesuai dengan gramatikal, baik dalam suasana formal maupun informal, kendati masih ada pemilihan kata yang perlu dioptimalkan kembali.

"Namun, dalam suasana kerja dinamis yang selalu berubah, sejalan dengan digunakannya aplikasi e-government dan e-office, masih ada pegawai yang belum kompeten, baik dari sisi aplikasi IT. Ini menjadi tantangan bagaimana mengoptimalkan kedua instrumen tersebut di kemudian hari," ungkap Santi --sapaan akrab Irmulan Sati.

Santi yang juga Dosen Pascasarjana Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta ini, menyarankan agar ke depan pola komunikasi harus dibentuk berdasarkan keragaman peristiwa komunikasi yang muncul di Kementerian Komunikasi dan Informatika, baik yang terpola secara formal maupun informal. 

"Sebab hal ini akan berimplikasi pada penguatan budaya organisasi, di mana budaya organisasi di Kementerian Komunikasi dan Informatika masih terus bergulir dan belum final," imbuhnya.

Selain itu, Santi juga menekankan pentingnya membangun model dan pola komunikasi entitas tutur lembaga pemerintah yang lebih fokus pada penguatan budaya organisasi, sehingga mampu mendukung tumbuhnya kompetensi pegawai dalam berinteraksi dan menyusun komunikasi lintas sektoral.

Sebagai saran praktis, Provendus juga mengusulkan agar Kementerian Komunikasi dan Informatika mengembangkan kompetensi komunikasi bagi para penuturnya, dalam hal ini pimpinan dan pegawai saat berkomunikasi dengan khalayak baik di dalam maupun di luar lembaga, agar konten konstruktif yang telah dibangun Kementerian yang dikomandoi oleh Rudiantara ini, dapat lebih terarah ke depannya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00