• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Bengkulu Sosialisasi ke Pemilih Pemula

1 November
17:43 2018
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu serentak, Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) tahun 2019mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU)Kota Bengkulu selaku penyelenggara, saat ini selain menyiapkan tahap pemilu,dimana sekarang sudah masa kampanye, juga gencar melakukan sosialisasi terhadap pemilih pemula.

"Kita terus melakukan sosialisasi pada pemilih pemula, ke kampus-kampus universitas perguruan tinggi maupun ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Bengkulu. Seperti hari ini, kami sosialisasi kepada pemilih pemula di SMKN 2 Kota Bengkulu," ungkap Anggota Divisi Informasi, Perencanaan dan Data KPU Kota Bengkulu Romi Sugara, disela acara kegiatan sosialisasi.

Menurut Romi,pentingnya sosialisasiini, karena pemilih pemula cenderung tidak atau belum bisa menggunakan hak pilihnyalantaran kurangnya informasi yang didapatkan. Oleh karena pihaknya akan terus gencar melakukan sosialisasi pemilu kepada pemilih pemula yang ada di Kota Bengkulu.

"Kami selalu menyampaikan agar para pelajar yang usianya sudah 17 tahun untuk dapat mengecek dalam DPT, sudah terdaftar atau belum? Jika belum, segera laporkan pada pihak PPS yang ada di setiap kelurahan. Jangan sampai hak pilihnya tidak terakomodir," ujarnya, Kamis, (1/11/2018).

Lebih jauh dijelaskan, cara untuk memastikan apakah pemilih pemula, sudah masuk dalam DPT sebagai pemilih, bisa dengan menggunakan handphone android.

"Caranya bisa di cek di HP android aplikasinyo KPU RI Pemilu 2019. Cek NIK dan nama lengkap. Jika sudah terdaftar akan muncul nama alamat, nomor TPS tempat memilih. Bisa juga di cek di Sidalih KPU. Apabila belum terdaftar, bisa bawa fhoto copy KTP, KK daftar ke PPS di Kelurahan masing-masing," terangnya.

Sementara itu, Rina, salah satu pelajar  yang sudah memasuki umur 17 tahun mengaku belum mengecek namanya sudah masuk dalam DPT. Untuk itu dirinya setelah kegiatan sosialisasi ini akan mengeceknya sesuai arahan dari pihak KPU.

“Saya bersama teman-teman mengapresiasi kegiatan KPU ini. Apalagi saya juga belum cek, nama saya sudah masuk dalam DPT atau belum. Setelah ini saya akan coba cek,” tukasnya singkat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00