• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Soal Pelanggaran APK, Bawaslu Bengkulu : Semua Ditertibkan Tanpa Terkecuali

1 November
17:42 2018
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Setelah menurunkan beberapa Alat Peraga Kampanye (APK) bersama Dinas Perhubungan (Dishub)dan Satpol PP Kota Bengkulu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bengkulu akanmenertibkan setiap APK yang melanggar tanpa terkecuali.

Kita telah tertibkan adalah APK yang sudah melanggar Peraturan KPU (PKPU)nomor 23 tahun 2018.dimana PKPU tersebut merupakan kesepakatan pihak penyelenggara bersama peserta pemilu sebelumnya, terkait zona maupun ukuran APK,” ungkap Anggota Divisi Hukum Bawaslu Kota Bengkulu Mico Yudistira,kepada jurnalis.

Dikatakan, dalam hal penertiban APK tersebut, pihaknya sudah melakukan upaya pencegahan dengan cara menyampaikan pada pemilik untuk menurunkan APK yang dinyatakan melanggar.

“Sepanjang APK tersebut tidak melanggar aturan sebagaimana yang sudah di atur dalam PKPU kampanye, dan tidak melanggar zona yang sudah ditetapkan dalam keptusan KPU, itu diperbolehkan,” ujarnya, Kamis, (1/11/2018).

Untuk diketahaui, dalam penertiban yang telah dilakukan pada Rabu, (31/10/2018), pihak Bawaslu bersama tim telah menurunkan salah satu Baliho Caleg DPR RI dari Partai NasDem, yaitu Wismen A Razak.Dimana Baliho tersebut terpajang dengan ukuran raksasa dikawasan wisata Sport Center Pantai Panjang Bengkulu. Sehingga penurunan baliho tersebut, Wismen merasa keberatan dan bersikukuh balihonya tersebut, secara umum tidak melanggar.

“Tidak semua tanda gambar caleg bisa dikategorikan APK.APK itu ada aturan yang mengaturnya dan ada unsur yang harus dipenuhi dalam sebuah APK.Jadi Bawaslu harus jeli membedakan antara APK dan Alat Sosialisasi Calon.Jangan disamaratakan, sehingga bisa mengarah ke pidana nantinya, penentuan lokasi larangan pemasangan atribut, yang diatur adalah larangan untuk APK.Tapi untuk alat sosialisasi calon tidak ada aturan atau larangannya,” sesalnya singkat ketika dihubungi jurnalis via telpon seluler.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terbaru

   

Boyong 20 Pemain, Garuda Muda Siap Bertarung di SEA Games