• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kolom Bicara

Walikota Bogor : Warga Perkotaan Butuh Dana Kelurahan.

21 October
17:57 2018
2 Votes (5)

KBRN, Bogor :  Rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengulirkan dana kelurahan pada 2019 mendatang mendapatkan tanggapan dari Walikota Bogor Bima Arya. 
Saat ini rencana Presiden Joko Widodo tersebut menjadi polemik karena 2019 disebut sebagai tahun politik, di mana Pilpres dan Pileg dihelat. 

Walikota Bogor Bima Arya mengugkapkan awal rencana dana kelurahan saat pertemuan antara Presiden dengan para Walikota di Istana Bogor bulan Juli lalu, Presiden memberi kesempatan kepada Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) untuk memberikan masukan. Kemudian para Walikota sebagai Indonesia menyampaikan perlu adanya Dana Kelurahan.

Masyarakat pada daerah perkotaan membutuhkan dana kelurahana seperti dana desa yang sudah digulirkan lebih dulu.

Pertimbangan adanya dana kelurahan sebab saat ini mayoritas penduduk tinggal di perkotaan, karena itu penting untuk kelola tren urbanisasi dengan baik. 

"Jangan sampai problem perkotaan seperti kemiskinan, pengangguran, kesenjangan ekonomi kemudian meledak mengancam kebersamaan dan stabilitas nasional," jelasnya Minggu, (21/10/2018).

Menurutnya meski adanya polemik rencana itu di tahun politik, namun para walikota anggaran untuk kelurahan merupakan kebijakan yang memang ditunggu. 

Dari aspek perencanaan yang tepat agar tepat sasaran dan pengawasan secara bersama-sama agar semua tetap sesuai dengan aturan.

Untuk dana kelurahan Pemerintah pusat akan cair tahun 2019 dengan usulan dana Rp 3 triliun pada APBN 2019. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00