• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Begini Aksi Anak-Anak Menjadi Barista di Coffee Processing Festival Banyuwangi

17 October
20:46 2018
0 Votes (0)

KBRN, Banyuwangi : Coffee Processing Festival, yang digelar di rumah kreatif Banyuwangi, menjadi daya tarik terendiri siswa sekolah dasar dari beberapa sekolah yang ada di Banyuwangi, untuk belajar sekaligus perkenalkan dengan pemrosesan kopi.

Ratusan siswa terlihat cukup antusias, melihat beberapa barista, memperagakan bagaimana cara menyeduh kopi, bahkan beberapa siswa lainnya terlihat asik, melihat-lihat berbagai alat pemroses kopi yang ada di sana, mulai dari mesin roasting, pengupas kopi (pulper), mesin sortasi (pengayak biji), grinder penggiling kopi (grinder), hingga alat pengupas kulit ari kopi tradisional.  

Bima salah satu siswa mengaku, sangat senang bisa mempraktekkan langsung bagaimana cara memnyeduh kopi, mulai mengunakan mesin hingga cara manual dengan beberapa metode, mulai dari pour over, hingga yang paling gampang yakni membuat kopi tubruk.

"Disini saya sukanya membuat kopi dengan mesin itu, tapi yang lebih sulit cara membuat kopi tanpa mesin, karena harus benar-benar teliti," ungkap Bima, Rabu (17/10/2018).    

Dikelilingi puluhan anak yang ingin mengetahui proses pembuatan kopi, dengan sabar, Reza sang barista, langsung menjelaskan kegunaan masing-masing alat dimaksud, bahkan Reza juga mengajarkan anak-anak tersebut cara menuangkan air panas saat menyeduh kopi.

"Saya lihat mereka cukup antusias saat ingin beljara cara menyeduh kopi, jadi saya harus sabar memberikan penjelasan kepada mereka," jelas Reza Habib, Rabu (17/10/2018).  

Dalam Coffee Processing Festival tersebut terbuka bagi siapa saja yang ingin mengetahui seluk beluk pemrosesan kopi, termasuk para pelajar, mereka dikenalkan proses pengolahan kopi pasca panen yang bisa menghasilkan kopi kualitas terbaik, Seperti identifikasi kopi, perambangan, sortasi, pulper, pengeringan hingga honey process, sampai dengan cara menyeduh kopi secara manual ataupun mengunakan mesin modern.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00