• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Pelaku Pembuangan Ratusan KIS di Carita Diamankan Polisi

14 October
21:35 2018
0 Votes (0)

KBRN, Pandeglang : Kepolisian Resort Pandeglang mengamankan pelaku pembuangan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Kampung Cibenda, Desa Sukarame, Kecamatan Carita. Penangkapan ini hanya berselang beberapa jam usai laporan pembuangan ratusan kartu kesehatan bagi warga tak mampu itu. 

Pelaku pembuangan KIS berinisial M (60) warga Kampung Cibenda, Desa Sukarame, Kecamatan Carita. Jumlah KIS yang dibuang sebanyak 748 lembar, yang sediakan akan dibagikan bagi 8 desa di Kecamatan Carita.

Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto Amstono mengatakan, pihaknya sudah memanggil beberapa saksi dan berkoordinasi dengan BPJS Pandeglang dan Pemkab Pandeglang untuk mencari alur distribusi kartu tersebut. Ternyata pelaku pembuangan merupakan warga setempat.

“Untuk saat ini si pembuang kartu tersebut sudah kami temukan inisial M (60) warga Sukarame, Cibenda Carita. Sudah kami mintai keterangan sekarang ada di Polres Pandeglang,” ujar Kapolres, Minggu (14/10/2018).

Kata Kapolres, hasil keterangan dari pelaku awalnya pelaku sedang membersihkan rumah. Namun ketika pelaku membersihkan kamar anaknya pelaku menemukan tumpukan kartu tersebut. Lantaran dianggap tidak terpakai, maka pelaku membuangnya ke tempat sampah terdekat. 

“Namun dari keterangan yang bersangkutan dia menemukan kartu itu di kamar anaknya karena dianggap barang ini tidak terpakai dibuang. Total kartu ada 748 dari 8 desa di Kecamatan Carita, ini tidak menutup kemungkinan bisa berkembang juga,” katanya. 

Indra melanjutkan, saat ini pihaknya masih melakukan pengembangan untuk mencari motif penyimpanan kartu yang tidak disalurkan ke masyarakat. Polisi masih berusaha mencari keberadaan anak pelaku.

"Anaknya sedang dicari. Informasinya anak pelaku bekerja swasta. Kartu itu masih aktif, dan di dalam kartu ada saldo Rp600 ribu," sebut Kapolres.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00