• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

PLN Temukan Struk Tagihan Listrik Palsu di Loket Online

12 October
21:06 2018
1 Votes (4)

KBRN, Lhokseumawe: Beberapa pelanggan Listrik wilayah Rayon Kota Lhokseumawe, merasa dirugikan dengan sistem pembayaran biaya tagihan listrik di Loket Online. 

Seorang pelanggan Listrik asal Cunda Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe, T. Vinus Usman, kepada RRI, Jum’at (12/10/2018) mengaku, hampir menjadi korban pemutusan meteran listrik di rumahnya oleh petugas PLN.

”Beberapa hari lalu, rumah saya kok tiba-tiba datang surat teguran dari PLN disusul dengan kedatangan petugasnya untuk memutus meteran listrik, padahal setiap bulannya saya selalu bayar di loket online yang menyediakan jasa setoran pembayaran tagihan listrik, serta saya selalu dikasih struk tanda pembayaran”, ungkap T. Vinus Usman.

Sehingga dia pun sempat bertengkar dengan petugas PLN tersebut, hingga akhirnya mendatangi Loket Online tempat langganannya, ujarnya lagi. Dia berharap, agar pihak PLN bisa menyelesaikan dan memperbaiki sistem pembayaran di Loket Online agar tidak ada lagi Konsumen yang dirugikan. 

Sementara itu, menjawab hal tersebut, Manajer PLN Rayon Lhokseumawe Kota, Mukhtar Juned, kepada RRI, menjelaskan, banyak Loket Online yang tidak terhubung langsung dengan PLN. Bahkan, banyak yang tidak memiliki izin dari pihaknya.

“Sekarang gini pak. Siapa saja bisa mendirikan loket online. Nah saat membayar pemilik loket online menggunakan printer biasa bukan printer dot metrik yang sesuai standar PLN. Jadi struk pembayaran tagihan yang keluar itu bisa jadi palsu karena tidak terhubung langsung ke sistem PLN. Bahkan kita temukan setoran uang dari pelanggan masuknya ke rekening bank tertentu, lalu oleh pemilik loket tidak disetorkan ke kita”, tegas Mukhtar Juned.

Pihaknya juga menghimbau para pelanggan terutama yang berada di wilayah Rayon Lhokseumawe Kota untuk membayar langsung ke kantor PLN setiap bulannya. Sedangkan, pelanggan yang memakai meteran listrik prabayar juga dihimbau untuk mewaspadai dalam membeli token pulsa listrik. (DY)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00