• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Sejumlah Rumah di Riau Tergenang Banjir

12 October
17:29 2018
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru : Sejumlah rumah di Provinsi Riau tergenang banjir, bahkan banjir yang terjadi saat ini sudah memakan satu korban yaitu seorang kakek di Desa Cipang Kanan, Kabupaten Rokan Hulu yang dikabarkan hilang.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Jim Gafur bahwa genangan air yang terjadi akibat intensitas hujan yang mengguyur dalam beberapa hari terakhir.

"Dari informasi yang dirangkum BPBD, di Kabupaten Bengkalis, selain rumah, sejumlah ruas jalan juga tergenang air, desa terparah terkena genangan air adalah Desa Teluk Latak, Kecamatan Bengkalis, puluhan rumah warga dan sekolah dimasuki air, sehingga sejumlah sekolah terpaksa diliburkan," jelasnya, Jumat (12/10/2018).

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Yuhelmi membenarkan sejumlah titik di Bengkalis tergenang air akibat hujan. Ia mengaku masih memantau di lapangan daerah terdampak. 

"Saya masih di lapangan untuk cek langsung di mana lokasi banjir di kecamatan Bengkalis. Sedangkan untuk anggota saya kerahkan untuk cek langsung di kecamatan Bantan," ungkap Yuhelmi.

Tingginya curah hujan melanda di berbagai daerah di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akhir-akhir ini menyebabkan sejumlah aliran sungai kecil dan sungai besar meluap, Kamis (11/10/2018).

Aliran ‎Sungai Rokan juga dilaporkan meluap. Selain dampak tingginya curah hujan, banjir kiriman dari Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat juga menyebabkan aliran Sungai Rokan meluap dan merendam pemukiman masyarakat di Kecamatan Rokan IV Koto dan Kecamatan Kunto Darussalam.‎ Meluapnya Sungai Rokan di Kecamatan Rokan IV Koto bukan hanya merendam pemukiman masyarakat. Seorang pria berusia 50 tahun bernama Mawardi di Desa Cipang Kanan dilaporkan hilang, diduga terseret arus Sungai Rokan.‎

Camat Rokan IV Koto, M Abrar, membenarkan ada menerima laporan, bahwa seorang warga‎ Desa Cipang Kanan dilaporkan terseret arus Sungai Rokan.

Pria bernama Mawardi, dimana kakinya bekas amputasi tersebut diduga warga terseret derasnya arus sungai Rokan yang terjadi pada Kamis pagi sekira pukul 07.30 WIB.‎

"Laporan warga, saat kejadian itu korban melihat tongkatnya untuk berjalan di tepi sungai, dan saat hendak mengambil tongkatnya itulah diperkirakan korban terseret arus Sungai Rokan," ungkap Abrar.‎

Selain itu, di daerah Kabupaten Kuantan Singingi, juga dilaporkan sudah mulai mengalami banjir, akibat intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00