• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dishub Cimahi Jaring Angkutan Orang dan Barang Dalam Operasi Gakkum

11 October
23:30 2018
0 Votes (0)

KBRN, Cimahi : Sebanyak 42 unit mobil angkutan orang maupun angkutan barang, terjaring dalam operasi penegakan hukum yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi, di Jalan Amir Machmud Cilember Kota Cimahi, Kamis (11/10/2018). 

"Kenderaan yang terjaring itu kebanyakan yang  sudah  habis masa berlaku uji kelaikan kendaraan atau uji KIR tetapi tetap beroperasi, hal itu dapat membahayakan keselamatan penumpang karena kelaikan kendaraan tidak teruji," ungkap Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan Kota Cimahi Ranto Sitanggang kepada RRI, disela kegiatan operasi penegakan hukum siang tadi.

Menurut Ranto, kegiatan penegakan hukum itu dilakukan bekerjasama dengan Satlantas Polres Cimahi dan unsur TNI.

"Sasarannya sesuai hasil kesepakatan dengan pihak kepolisian adalah angkutan umum, baik itu angkutan orang dalam trayek, angkutan orang tidak dalam trayek maupun angkutan barang," ujarnya.

Tim gabungan memberhentikan angkutan umum dan barang yang melintas di sekitar Jalan Cilember. Tidak hanya angkutan barang dan umum, kendaraan pribadi atau motor yang diduga melanggar pun dihentikan. 

"Sasarannya angkutan umum dan orang, mulai dari kelengkapan kendaraan, batas uji emisi, hingga angkutan yang melebihi kapasitas,"imbuhnya

Tindakan berupa penilangan sesuai pada Pasal 228 dan Pasal 308 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Ancaman hukuman mencapai dua bulan kurungan dan denda maksimal Rp.500.000,-

Dari 42 kendaraan yang terjaring razia, jelas Ranto, ditemukan juga sebagian yang memang kartu pengawasannya sudah habis dan tidak diperpanjang.

Dalam Gakum tersebut, pihaknya fokus pada pemeriksaan kelengkapan kendaraan dan kelaikan kendaraan serta memeriksa kendaraan angkutan barang yang melebihi kapasitas angkut. Tujuannya, untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

"Operasi penegakan hukum dilaksanakan sebagai upaya untuk menciptakan keselamatan dan ketertiban berlalulintas bagi pengguna jalan. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa meminimalisir kecelakaan dan menciptakan tertib lalu lintas,"bebernya.

Sementara Kanit Dikyasa Satlantas Polres Cimahi Ipda Deden Indra Jaya menjelaskan, dalam Gakum tersebut petugas bakal langsung menindak  kendaraan yang tak dilengkapi surat seperti SIM dan STNK.
"Apabila ditemukan tak laik jalan dan surat-surat kita lakukan penilangan. Tidak ada surat-suratnya, kita tahan kendaraan," ujarnya.

Selain itu, jika ada kendaraan yang tak sesuai dengan STNK, misalkan warna kendaraan berbeda maka ikut langsung ditilang. "Bila ada kenderaan  yang dimodifikasi, terus ada muatan melebihi langsung kami lakukan penegakan hukum," tandas Deden.(Amelia Hastuti)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00