• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

PLN Solo Bantu 12 Tandon Air untuk Tujuh Desa Kekeringan di Sragen

11 October
22:56 2018
0 Votes (0)

KBRN, Sragen: Kekeringan dan krisis air bersih di sejumlah wilayah Kabupaten Sragen mengundang empati berbagai kalangan. Tidak saja dari berbagai komunitas yang memberikan droping air bersih. Perusahaan BUMN, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) pun turut perhatian.

Dalam meringankan beban masyarakat terdampak kekeringan, PLN Area Surakarta memberikan bantuan 12 tandon air untuk tujuh desa di Kabupaten Sragen yang sedang mengalami kekeringan. Bantuan ini berasal dari zakat pegawai PLN yang dihimpun oleh Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Surakarta.

Total ada 12 tandon air berkapasitas 2.000 liter. PLN juga mrmberikan stimulan Rp 500.000 untuk pembuatan tatakan (tempat memasang tandon). Bantuan diserahkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen dan diterima masing-masing kepala desa secara langsung di Aula BPBD.

“Bantuan tandon ini sumbernya dari YBM. Jadi setiap pegawai mau tidak mau suka tidak suka ada potongan gaji 2,5 persen untuk disalurkan ke YBM," kata Manajer Area PLN Surakarta, Mundhakir dalam rilisnya, Rabu (10/10/2018).

Mundhakir menyampaikan, dengan adanya bantuan tandon air ini harapannya kalau ada bantuan air bersih warga tidak kesulitan menampungnya. Menurutnya, bantuan tandon air itu diberikan sebagai bentuk kepedulian PLN terhadap tujuh desa di Sragen yang saat ini krisis air paling parah.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Sragen, Sugeng Priyono mengapresiasi upaya dari YBM PLN Area Surakarta yang peduli tergadap kekeringan di sejumlah desa di Sragen. Menurutnya keberadaan tandon air memang sangat dibutuhkan masyarakat di wilayah krisis air yang selama ini sedikit terkendala soal penampungan.

“Problem yang dihadapi di lapangan, sebenarnya bantuan air sudah melimpah tapi kesulitannya di dropingnya. Dengan adanya tandon maka akan membantu kecepatan distribusi,” terangnya.

Sugeng menyebutkan, saat ini ada tujuh desa yang mengalami krisis air bersih. Tujuh desa itu meliputi Katelan Kecamatan Tangen, Poleng Kecamatan Gesi, Karanganom Kecamatan Sukodono, Tlogotirto Kecamatan Sumberlawang, Gemantar Kecamatan Mondokan, Kandangsapi Kecamatan Jenar dan Gilirejo Baru Kecamatan Miri.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00