• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Bappelitbang Kota Bandung Luncurkan aplikasi ‘Si Taruna Bandung’

11 October
21:56 2018
0 Votes (0)

KBRN, Bandung; Agar masyarakat lebih memahami tentang upaya mitigasi bencana dan penting sebagai bekal bagi masyarakat saat menghadapi bencana sehingga dapat meminimalisirnya. Dengan itu Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung meluncurkan aplikasi ‘Si Taruna Bandung.

Hal itu di ungkapkan Kepala Sub Bidang 1 Perencanaan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah (PIPW), Bappelitbang Kota Bandung, Andry Heru Santoso dalam kegiatan Bandung Menjawab, di Taman Sejarah Kota Bandung, Kamis (11/10/2018). 

"Aplikasi ini menyediakan data dan informasi perencanaan tata ruang yang terintegrasi dengan kerawanan bencana secara lebih komprehensif dan dapat diakses secara luas,” ujar Andry.

Selain itu Andry mengungkapkan, sejumlah titik di Kota Bandung juga memiliki potensi fenomena likuefaksi. Likuefaksi yaitu hilangnya kekuatan tanah sehingga tanah tersebut tidak memiliki daya ikat. 

Getaran yang dihasilkan dari gempa membuat tekanan air meningkat dan membuat sifat tanah berubah dari padat (solid) menjadi cair (likuid) yang nantinya meterial tanah berpasir menjadi lumpur. 

Sesuai penelitian dari Geodesy Research Group, Institute Technology Bandung & International Decade for Natural Disaster Reduction yang bekerjasama dengan Bappeda Kota Bandung sekitar tahun 1992 sampai tahun 2000 – an, terdapat 10 lokasi di Kota Bandung yang berpotensi likuefaksi. 

Lokasi tersebut yaitu Kecamatan Kiaracondong, Antapani, Bandung Kulon, Babakan Ciparay, Bojongloa Kaler, Bojongloa Kidul, Astanaanyar, Regol, Lengkong dan Kecamatan Bandung Kidul. 

“10 kecamatan tersebut mungkin masih berpotensi atau tidak, nanti perlu didata dan diupdate ulang. Apakah ada penambahan atau pengurangan, itu kan baru potensi saja,” imbuhnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00