• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Manamakhe Salah Satu Budaya yang Dilestarikan di Nias Utara

11 October
19:55 2018
2 Votes (5)

KBRN, Gunungsitoli : Dalam rangka memeriahkan “Ya'ahowu Nias Festival” yang akan di laksanakan di Kabupaten Nias Selatan, tanggal 16 sampai 20 November 2018, Pemerintah kabupaten Nias Utara melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan persiapkan kegiatan atraksi budaya dengan mengangkat thema “Manamakhe”.

Salah Seorang Pelatih Atraksi Budaya di Kabupaten Nias Utara, Marius Telaumbanua menyatakan, bahwa Manamakhe merupakan salah satu budaya nenek moyang kita pada zaman dulu untuk menenuhi kebutuhan hidup dengan mencari ikan, belut, dan udang di sungai dan telaga. 

Marius menerangkan, manamakhe tersebut pada zaman sekarang sudah di tinggalkan dikarenakan masyarakat di zaman modern ini lebih memilih untuk menggunakan zat kimia seperti air mas atau air tuban untuk mendapatkan ikan di sungai. 

“Akibat penggunaan zat kimia yang dilakukan masyarakat seluruh benih ikan di sungai baik di Nias Utara bahkan di kepuauan Nias ini, tidak berkembang lagi dan kondisi ini perlu di dijaga oleh pemerintah dan juga masyarakat” Kata, Marius, Rabu (11/10/2018). 

Untuk itu melalui budaya manamakhe yang akan di tampilkan pada Ya'ahowu Festival di Kabupaten Nias Selatan nantinya dapat mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak meninggalkan budaya Manamakhe dan menjaga bibit ikan di sungai tanpa menggunakan zat kimia. 

Menurut Marius, bahwa Budaya Manamakhe akan di peragakan oleh 12 peserta dari sanggar Tafaeri Kabupaten Nias Utara dan diharapkan dapat di saksikan oleh masyaraat Kabupaten Nias Utara pada kegiatan Ya'ahowu Nias Festival Kepulauan Nias tahun 2018 berlokasi di Kabupaten Nias Selatan.

Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Nias Utara, Toloni Waruwu terus mendukung pelestarian budaya "Manamakhe" karena salah satu peninggalan nenek moyang di zaman dulu dan sangat penting untuk di sosialisasikan kembali guna menjaga benih ikan di sungai.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00