• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Kapolda Jatim Apresiasi Polrestabes Surabaya Bongkar Kasus Jual Beli Bayi

11 October
20:07 2018
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur (Kapolda Jatim), Irjen Pol Luki Hermawan mengapresiasi anggota Polrestabes Surabaya yang berhasil membongkar praktek jual beli bayi via media sosial. 

"Polda Jatim berterima kasih kepada jajaran Polrestabes Surabaya yang telah membongkar kasus penjualan bayi melalui media sosial," ujar Kapolda, Kamis (11/10/2018).

Dalam kasus ini, empat orang diamankan dan ditetapkan sebagai tersangka. Masing masing inisial AP, selaku perantara yang memiliki akun di medsos Instagram, kemudian LA yaitu ibu bayi.

Selain itu, polisi juga mengamankan KS, perempuan yang berprofesi sebagai Bidan, dan membantu persalinan perempuan yang akan menjual bayinya. Serta NS, yang diduga pembeli bayi, atau orang yang akan mengadopsi. 

Modus tersangka AP adalah berkedok lembaga sosial yang membantu perempuan hamil, mulai dari pemeriksaan, hingga ujungnya adalah bersedia mencarikan orang tua angkat bagi anak atau bayi, bila ibunya tidak mampu. 

"Dia membuka layanan bantuan permasalahan anak, permasahan kandungan, dan permasalahan kelahiran, serta problem rumah tangga. Kedoknya itu," kata Kapolda. 

Berdasarkan pemeriksaan, setidaknya sudah ada 10 orang yang berkonsultasi, namun dibalik itu semuanya, ada penjualan anak. Hasil penyelidikan, polisi menemukan ada salah satu perempuan yang menjual anaknya melalui perantara Bidan di Bali. 

"Dipertemukan dengam Bidan, dan akhirnya dipertemukan dengan pembeli. Yang dijual di Bali, sepakat dijual 15 juta dan dibuat surat pernyataan," ucapnya. 

Kini para pelaku terancam hukuman pidana penjara selama 15 tahun dan atau denda Rp 60 juta - Rp 300 juta, atas pelanggaran pasal 83 Undang Undang RI No 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00