• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Lestarikan Permainan Tradisional, Taman Budaya Jabar Gelar Festival Kaulinan Orang Lembur

11 October
18:54 2018
0 Votes (0)

KBRN, Bandung : Beragam permainan tradisional khas bumi Parahyangan yang di balut dengan seni dan kreatifitas, digelar pada Festival Kaulinan Urang Lembur, di Taman Budaya Jawa Barat, Kamis (11/10/2018). Berbagai permainan tradisional Jawa Barat seperti Mumundingan, Bancakan, Galah, Sonlah, Ucing-ucingan dan lainnya, dimainkan oleh perwakilan dari seluruh kab/kota Jawa Barat.

"Pemerintah harus terus memberikan edukasi kebudayaan kepada generasi muda, harus diperkenalkan kepada generasi kita," ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat Ida Hermida di Taman Budaya Jawa Barat, Kamis (11/10/2018).

Ida menambahkan, perkembangan TI informasi saat ini khususnya gadget sangat berpengaruh kepada pengetahuan budaya generasi saat ini. 

"Anak-anak yang tidak pernah lepas dari gadgetnya, bisa mengenal budayanya," jelasnya.

Sementara pada kesempatan yang sama,  seniman budayawan Nanu Munajar Dahlan atau Bah Nanu mengatakan, permainan tradisioanal yang saat ini jarang dimainkan oleh generasi milenial saat ini, memang sangat memprihatinkan. Budaya "instan" dibarengi dengan perkembangan teknologi, menjadikan anak jaman now lebih memilih bermain gadget. Padahal dalam permainan tradisional yang sering dimainkan "anak kampung" jaman dahulu, banyak mengandung filosofi, kreatifitas serta kegembiraan.

"Jadi kalau sekarang kaulinan tradisional di balut dengan seni, sehingga menjadi sebuah pertunjukan," ungkapnya.

Ia juga berharap, dalam menggarap kaulinan orang lembur yang kini banyak di tinggalkan menjadi sebuah pertunjukan, harus berani mengembangkan kreatifitas, baik dalam penataan musik, gerak maupun lainnya. Sehingga menjadi sebuah pertunjukan yang sekaligus melestarikan warisan budaya.
 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00