• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Masa Tangap Darurat Pemulihan Pasca Gempa dan Tsunami Sulteng Diperpanjang

11 October
13:34 2018
0 Votes (0)

KBRN, Palu : Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, menggelar rapat koordinasi bersama satuan tugas gabungan penanganan bencana gempa bumi dan tsunami di Palu Sigi dan Donggala terkait penentuan diperpanjang tanggap darurat pasca gempa.

Dari hasil rapat koordinasi tersebut disepakati bahwa tanggap darurat diperpanjang selama 2 minggu kedepan yakni mulai tanggal 13 Oktober sampai dengan 26 Oktober 2018. Gubernur Sulawesi Tengah Haji Longki Djanggola dalam konferensi persnya mengatakan perpanjangan tanggap darurat penanganan gempa dan sunami Palu Sigi dan Donggala disebabkan karena masih banyak pekerjaan kedaruratan yang perlu penanganan sehingga masih diperlukan tambahan waktu bagi tim gabungan untuk menyelesaikannya.

"Seperti perbaikan beberapa infrastruktur jalan terputus, dan pasokan air bersih yang terganggu pasca gempa, termasuk pengaturan lokasi penungsi," kata Gubernur Sulteng Kamis (11/10/2018) di Palu usai rapat koordinasi

Sementara itu terkait upaya evakuasi korban tertimbun lumpur dan reruntuhan bangunan seperti Petobo,  Balaroa dan Jono Oge mulai Kamis (11/10/2018) sore akan dihentikan.

Artinya seluruh personil yang terlibat melakukan evakuasi dalam posisi stand bay namun tidak menutup kemungkinan ada laporan masyarakat yang mengetahui masih terdapat korban direruntuhan rumah akan tetap dilakukan evakuasi selama masa perpanjangan tanggap darurat belum berakhir.

Menurut Kepala Basarnas Bambang Sulistyo evakuasi terhadap korban harus memerlukan waktu cukup lama hal ini dinilai kurang efektif, selain itu kondisi jenasah korban sudah rusak berat, dan tidak memungkinkan untuk dilakukan evakuasi. Sementara untuk 3 lokasi yang rusak parah yang korbanya tidak dapat dilakukan evakuasi rencanaya akan dijadikan kuburan massal. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00