• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Ahmad Subhan Sumbang Lemka Jika Juara di MTQN 2018

11 October
13:44 2018
0 Votes (0)

KBRN, Medan: Peserta kafilah asal Sumatera Utara (Sumut) Ahmad Subhan berkeinginan ingin menyisihkan sebagian rejeki bagi Lembaga Kaligrafi Alquran (Lemka) di Sukabumi, Jawa Barat jika berhasil menjadi juara dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) nasional 2018, yang sedang berlangsung di Medan dan Deliserdang, Sumut.

Kafilah kelahiran Sibolga, 12 Maret 1985 ini berkeinginan besar memberikan kontribusi bagi Lemka, apalagi dirinya telah menimba ilmu di Lemka selama lima tahun.

"Jika juara nanti, sebagian akan saya sumbangkan ke lembaga kaligrafi di Sukabumi Jawa Barat. Keinginanlah bang," ucap salah satu pengajar kaligrafi di Islamic Centre dan ekskul di sekolah, Kamis (11/10/2018) siang.

Meski dikatakan Subhan persiapan di final cukup dadakan, namun dirinya lebih menguatkan daya imajinasi. "Tapi kalo untuk warnanya di tempat dengan imajinasi sendiri," kata Subhan.

Dijelaskan Subhan pada final tema lukisan kontemporer yang ia tampilkan bertema alam dan penciptaan tuhan. Hal ini mengingat bersenada dengan pelaksanaan kegiatan yakni Musabaqah Tlawatil Quran.

"Kaligrafi saya ini menggambarkan tentang alam juga dan penciptaan. Berhubung tentang penciptaan kita masukkan unsur - unsur tentang alam dan penciptaan oleh Allah SWT di bumi ini kan," ucap alumni jurusan Seni Rupa, Universitas Negeri Medan stambuk 2008 ini.

Pada final tahun ini Subhan mengakui bahwa pesaingnya dari provinsi lain juga memiliki karya yang sangat bagus. Maka, dirinya tidak ingin berjumawa dengan mudah bisa merebut juara.

"Saingan dari provinsi lain bagus - bagus. Insya Allah juara. Mohon doanya," ucap kafilah yang saat ini menetap di Stabat, Langkat.

Di satu sisi, Subhan berharap cabang kaligrafi tetap diperlombakan pada pelaksanaan MTQ Nasional selanjutnya. "Insya Allah akan lebih semangat lagi kepada adik - adik generasi selanjutnya gitu," harapnya.

Subhan sendiri bersama kafilah dari provinsi lain sebagai persiapan MTQ tahun ini mengikuti latihan sejak Juli hingga September di Lemka, Jawa Barat. Banyak pelajaran yang diambil selama disana, sekaligus menjadi modal baginya bisa melenggang hingga ke final. 

Pada babak final cabang Khath (kaligrafi) yang berlangsung di gedung serba guna Pancing, hari ini diikuti 24 peserta putra-putri putri, yang terbagi atas empat golongan, yakni Naskah, hiasan mushaf, dekorasi, dan kontemporer.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00