• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Bamsoet Minta Warga Terdampak Gempa Situbondo Waspadai Berita Hoax

11 October
12:35 2018
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Ketua DPR Bambang Soesatyo menyampaikan belasungkawa dan rasa prihatinnya kepada keluarga korban Gempa Situbondo Jawa Timur yang terjadi dinihari tadi, Kamis (11/10/2018).

"Mendorong Komisi VIII DPR meminta Kementerian Sosial (Kemensos) bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk segera memberikan bantuan," ujarnya dalam keterangan yang diterima Radio Republik Indonesia, Kamis (11/10/2018).

Bantuan itu, kata Mantan Ketua Komisi III ini  berupa bantuan pangan, obat-obatan, membangun tenda untuk korban gempa, membangun dapur umum, serta memberikan sarana Mandi, Cuci, Kakus (MCK).

"Air bersih guna memenuhi kebutuhan para korban terdampak gempa," terangnya.

Lebih jauh, Politikus Golkar ini meminta Komisi V DPR untuk berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) untuk segera melakukan pemetaan terhadap seluruh infrastruktur yang rusak akibat gempa, seperti rumah-rumah warga dan bangunan-bangunan yang bersifat pelayanan publik agar dapat segera dilakukan pembangunan kembali sehingga bangunan-bangunan dan wilayah yang mengalami kerusakan dapat segera pulih.

" Kita minta Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) bersama BPBD didampingi Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Timur untuk terus melakukan pertolongan dan pencarian bagi korban yang belum ditemukan, mengingat hingga saat ini masih dilakukan pendataan mengenai dampak gempa termasuk korban jiwa dan luka serta kerusakan bangunan akibat gempa," tegasnya.

Untuk masyarakat terdampak, pria yang akrab disapa Bamsoet ini berharap agar mengutamakan kebersihan dan kesehatan guna mencegah penyakit yang mungkin menyerang para pengungsi, serta untuk selalu waspada dan tidak mempercayai dengan mudah berita-berita hoax yang mungkin beredar pascagempa, dan hanya mempercayai berita atau informasi dari website resmi BMKG ataupun pejabat Pemda yang berwenang.

Seperti diketahui, Gempabumi dengan kekuatan magnitudo M6,4 mengguncang wilayah Jawa Timur dan Bali pada Kamis (11/10/2018) pukul 01.57 WIB.

Badan Meterologi, Kematologi dan Geofisikan (BMKG) melaporkan episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,47 LS dan 114,43 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 km arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Propinsi Jawa Timur pada kedalaman 12 km. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa ke BPBD Provinsi Jawa Timur. Data sementara dampak gempa dilaporkan 3 orang meninggal dunia dan beberapa rumah mengalami kerusakan. Daerah yang terparah adalah di Kecamatan Gayam Kabupaten Semenep Jawa Timur.

Korban meninggal akibat tertimpa bangunan yang roboh. Kejadian gempa Kamis dini hari saat korban sedang tidur tiba-tiba gempa mengguncang dan rumah roboh sehingga korban tidak bisa menyelamatkan diri.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00