• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kilas Bola

Timnas Indonesia U-19 Kalah Tipis 1-2 dari Arab Saudi

10 October
19:58 2018
0 Votes (0)

KBRN, Cikarang : Timnas Indonesia U-19 harus mengakui ketangguhan Arab Saudi U-19. Dalam pertandingan Persahabatan Internasional di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Kabupaten Bekasi Jawa Barat, Rabu (10/10/2018) sore, anak asuh Indra Sajfri kalah dengan skor tipis 1-2.

Sama-sama tampil menyerang sejak menit awal, Arab Saudi U-19 unggul lebih dulu, melalui sepakan jarak Jauh Abdullah Alhamdan pada menit 28. Indonesia mampu menyamakan kedudukan, juga melalui tendangan jarak jauh winger Saddil Ramdani di menit 45.

Sayang, di babak kedua permainan Indonesia tidak berkembang. Selain itu, beberapa kali percobaan tendangan ke gawang Arab Saudi, mampu di bendung kiper Nawaf Alghamdi.

Petaka terjadi pada menit 67, saat wasit Aprisman Aranda menunjuk titik putih di area gawang Indonesia. Pinalti diberikan, setelah bek kanan Indonesia U-19 Asnawi Mangkualam Bahar, menjatuhkan Ibrahim Mahnashi.

Eksekusi 12 pas diselesaikan Abdullah Alhamdan dengan sempurna. Gol itu sekaligus menjadi gol terakhir pada pertandingan kali ini.

Meski timnya kalah, namun Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sajfri tetap memuji penampilan anak asuhnya yang memiliki mental dan daya juang tinggi di atas lapangan. Beberapa hal yang perlu diperbaiki timnya, sebelum turun di Piala Asia (AFC) U-19 diantaranya adalah penyelesaian akhir.

“Ada 11 tendangan ke gawang, tapi hanya satu gol. Attacking kita masih lemah. Selain itu, ada juga bola terlalu lama singgah di kaki. Tapi, anak-anak punya daya juang dan mentalitas, mereka sudah makin percaya diri,” ujar Pelatih kelahiran Pesisir Selatan Sumatera Barat 55 tahun silam, usai pertandingan.

Indra Sajfri bersyukur memiliki kesempatan untuk beruji coba melawan Arab Saudi U-19. Sebab, kata dia Indonesia ingin mengetahui gaya permainan tim asal Timur tengah. DPiala Asia U-19 nanti, anak asuhnya tergabung di Grup A bersama Qatar, UEA dan China Taipei.

“Masih ada waktu berbenah, sebelum Piala Asia. Kita ingin para pemain, melatih kesabaran dan tidak melakukan pelanggaran. Tadi, itu pinalti sebenarnya pelanggaran yang tidak perlu. Saya ingin, kesalahan seperti itu tidak terulang di Piala Asia nanti,” tambah Indra Sjafri.

Sementara itu Pelatih Arab Saudi, Khaled Atawi, memuji permainan tim Indonesia yang kini menurutnya sudah berkembang cukup baik. Khaled sendiri secara khusus mengapresiasi permaianan dua pemain Indonesia U-19 yang memilik peran sentral, yakni Sadil Ramdani dan M Luthfi Kamal.

“Indonesia, saat ini bermain sangat cepat dari beberapa sisi. Indonesia mengalami perkembangan yang menakjubkan dari sisi permainan,” ujarnya.

Sama seperti Indonesia, Arab Saudi juga menjadikan pertandingan ini sebagai ajang ujicoba sebelum turun di Piala Asia U-19 pada 18 okt mendatang.

“Banyak faedah  yang kami dapat dari ujicoba ini, sebelum dimulainya Piala Asia. Kami ingin mencoba dan mengecek seluruh pemain,” kata Khaled.

Usai menjajal kekuatan Arab Saudi, Timnas Indonesia U-19 pada 13 Oktober 2018 atau pada Sabtu sore besok, akan kembali menjalani laga persahabatan menghadapi Yordania U-19. Pertandingan, akan kembali di gelar di Stadion Wibawa Mukti Cikarang Kabupaten Bekasi.

  • Tentang Penulis

    Erik Hamzah, SH

    Jurnalis Radio Republik Indonesia (RRI). Kini tinggal di Bekasi, Jawa Barat, Indonesia. email : erik.hamzah@gmail.com

  • Tentang Editor

    Heri Firmansyah

    Redaktur RRI-Online

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00