• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Asian Para Games 2018

Tim Catur Indonesia Borong Enam Emas di APG

10 October
18:34 2018
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Tim nasional catur Indonesia berhasil memborong enam medali emas kategori catur standar di Asian Para Games APG 2018 yang berlangsung di Gor Cempaka Putih Jakarta.

"Resepnya sederhana,  kita tekun berlatih. Kebetulan pemerintah memfasilitasi dengan luar biasa saat Pelatnas di Solo," kata Manajer Timnas catur Indonesia Heri Isranto, Rabu (10/10/2018). 

Selain enam medali emas, Indonesia juga merebut tiga perak dan tiga perunggu.

Pada Asian Para Games tersebut, Indonesia menurunkan 18 atlet catur. Sebelum tampil di APG, semua atlet menjalani pelatnas selama delapan bulan di Solo. 

Selain itu menurut Heri, timnas catur juga mempersiapkan dengan matang baik fisik maupun mental karena ajang olahraga yang berlangsung sejak 6-13 Oktober tersebut untuk tingkat Asia. 

"Kita belum tahu kekuatan lawan dan mereka cukup diperhitungkan. Tapi setelah tanding, tidak seperti yang kita khawatirkan. Malah Filipina lebih dominan, jadi lawan Indonesia," akunya.

Timnas Indonesia masih akan bertanding pada kategori catur cepat hingga Jumat (12/10/2018). Di kategori itu, menurut Heri peluang Indonesia menambah medali emas masih terbuka.

Di babak pertama catur cepat individual kelas VI-B1 pria, Edy Suryanto menang atas pecatur Vietnam Tuan Kiet Dao, Carsidi juga unggul atas pecatur Srilanka Yapa Mudiyanselage Saman Dushyan. 

Kemudian pecaturTati Karhati menang atas pecatur India Ratih Himanshi Bhaveskumar, Debi Ariesta juga menang atas pecatur Vietnam Dao Thi Le Xuan. Begitu juga dengan Wilma Margaretha Sinaga menang atas pecatur Iran Zarezadeh Shahrak Leila.

Di kelas individual cepat PI pria,  pecatur Indonesia Suhardi Sinaga harus berbesar hati kalah oleh pecatur Filipina Saverino Sander, begitu juga dengan Maksum Firdaus yang dikalahkan oleh pecatur India Arigala Naveenkumar. 

Namun di kelas cepat PI putri, pecatur Indonesia Simanja Nasip Farta masih tetap bertahan dengan kemenangan atas pecatur satu timnya Yuni sedangkan Rosalinda Manurung harus tersisih dari pecatur Vietnam Nguyen Thi Kieu. 

Di kelas B2/B3 pria, Gayuh Satrio menang atas pecatur India Pradhan Soundraya Kumar, sementara Adji Hartono seimbang dengan hasil remis menghadapi pecatur Filipina Menandro Redor yang juga dialami M Haryanto yang menghasilkan remis melawan pecatur Iran Ghoorcyibheygi Alireza. 

Sedangkan di kelas B2/B3 putri,  Aisah Wijayanti Brahmana menang atas pecatur satu tim,  Tita Puspita namun Khairunnisa harus kalah berhadapan dengan pecatur India Chakroborty Megha. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00