• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

LIPI Mematenkan Produk Teknologi Biofeneri Alternatif Bahan Bakar Fosil

10 October
17:06 2018
0 Votes (0)

KBRN, Bogor : Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia LIPI mengembangkan berbagai produk teknologi Biorefineri untuk alternatif bahan bakar fosil.

Saat ini Pemerintah Pusat mengeluarkan kebijakan optimalisasi penggunaan Biofuel untuk bahan bakar Transportasi yang saat ini masih menggunakan bahan bakar dari Fosil.

Bahan bakar fosil itu akan habis pada suatu hari nanti sehingga LIPI berupaya mengembangkan bahan bakar terbarukan untuk menjadi cadangan sumber energi masyarakat.

Deputy Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI Enny Sudarmonowati menjelaskan sudah ada sejumlah proyek penelitian yang menemukan hasil terutama dibidang Biorefineri.

Dunia Industri saat ini banyak tergantung dari enzim dari luar negeri namun saat ini anak bangsa sudah bisa menemukannya bahkan siap digunakan untuk bahan bakar alternatif.

“Dalam waktu dua tahun penggunaan bahan bakar terbarukan itu bisa maksimal dalam penggunaanya untuk masyarakat dengan adanya produksi massal secara Industrilisasi,” katanya, Rabu (10/10/2018).

Sementara itu Koordinator Cibinong Science And Teknologi Park Drs Manaek Simamora mengatakan dengan temuan itu maka bisa mengurangi biaya produksi karena bahan bakar alternatif dapat diperoleh di Indonesia.

“Peneliti kita sudah bisa kok memproduksi Enzim untuk keperluan bahan bakar jadi komponen produksi bisa digunakan dari dalam negeri.” Ujarnya.

Peneliti LIPI juga bekerjasama dengan Japan Internasional Coorperation Agency JICA untuk pengembangan produk untuk tidak hanya dipasarkan di dalam negeri namun juga menjadi sumber penghasilan negara dengan Ekspor ke seluruh dunia.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00