• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Pemerintah Siap Kembangkan Temuan Inovasi Teknologi Karya ‘Arek Malang’

10 October
15:04 2018
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Sebanyak 12 inovasi teknologi pemuda mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kota Malang. Belasan karya itu berhasil menjadi jawara dalam kegiatan Lomba Inovasi Teknologi (Inotek) yang digelar Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pembangunan (Barenlitbang) Kota Malang. Pada lomba inovasi teknologi yang ketiga ini, ada empat bidang yang dilombakan, yakni Bidang Agribisnis, bidang energy, bidang tekonologi informasi dan komunikasi, serta bidang lingkungan hidup.

Kepala Barenlitbang Kota Malang, Erik S. Santoso mengatakan, lomba Inotek ini merupakan upaya Pemkot Malang untuk mencari karya yang mampu berkontribusi pada kemajuan bangsa, khususnya di bidang teknologi. Lomba ini akan digelar setiap tahun dalam rangka mempercepat pembangunan IPTEK melalui penggalian inovasi teknologi dan sumber daya manusia. “Potensi sumber daya manusia di Kota Malang cukup tinggi untuk bisa didorong dan diberdayakan melalui lomba Inotek ini,” kata Erik di sela Penganugerahan Pemenang Lomba Inotek, Rabu (10/10/2018).

Sementara itu, Walikota Malang, Sutiaji menilai, melalui lomba Inotek 2018, ada banyak temuan generasi muda yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya di sektor Usaha Kecil Menengah (UKM). Untuk temuan pengolahan limbah tahu menjadi yogurt misalnya. Sebab di Kota Malang banyak produsen tahu yang menghasilkan limbah. “Kita maksimalkan temuan yang bisa tepat guna sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Nanti akan kita-list temuan-temuan yang sekiranya dibutuhkan masyarakat,” ujarnya.

Setelah temuan-temuan tersebut sudah diujicobakan, sambung Sutiaji, maka pemerintah siap memfasilitasi terkait hak patennya. “Nah soal hak paten itu, Barenlitbang akan berkoordinasi dengan Bekraf atau lembaga lain yang mengurusi hak kekayaan intelektual ini, saya berharap pengurusan hak paten ini bisa digratiskan,” imbuh Sutiaji.

Berbagai inovasi yang dikreasikan arek-arek Malang dalam Lomba Inotek 2018 ini beragam. Misalnya di bidang TIK, ada Dtron Smart Chair. Inovasi  karya Fattaah Septian dan kawan-kawannya itu merupakan sebuah rancangan sistem navigasi kursi roda menggunakan suara pasien dan teknologi android. 

Lalu di bidang agribisnis, ada Vactor atau Vacuum Destilator karya Faisal Ramadhan dkk. Vactor nantinya dapat dikembangkan untuk industri ekstraksi minyak atsiri dan meningkatkan produksi essential oil. Ada pula yang menggunakan serbuk genteng yang dipakai dalam alat pemurnian biometan. Yakni prototype alat karya Rangga Ega dkk yang bernama Bio-Pum atau Biogas Purification Machine. Sedangkan di bidang lingkungan hidup ada inovasi Sitalze Exhaust Filters karya A'ang Junaidi. Inovasi teknologi tersebut memanfaatkan limbah Al dan Zeolit sebagai komposit untuk menyerap emisi kendaraan bermotor. (num)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00