• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Cita Rasa Berbeda dari Bakso Degan

8 October
14:45 2018
0 Votes (0)

KBRN, Kendal : Bakso merupakan kuliner yang terbuat dari campuran daging yang dibentuk bulat, saat ini banyak inovasi olahan bakso mulai dari ukuran bakso berukuran normal hingga berukuran besar yang mampu dihabiskan oleh 4-5 orang untuk 1 porsi.

Sementara untuk beberapa inovasi lain yang saat ini menjadi buming adalah bakso beranak atau satu bakso berukuran besar yang didalamnya masih terdapat bakso berukuran kecil.

Salah satu pedagang bakso di Kabupaten Kendal Jawa Tengah Hijran Budiharjo membuat inovasi lain tentang olahan bakso yaitu mengkombinasikan antara bakso dengan kelapa muda (Degan).

Bermula dari niatan membuat hidangan sehat, Hijrat yang telah menekuni kuliner bakso selama 4 tahun, Memberanikan diri untuk mengkombinasikan Bakso dengan Kelapa Muda. Ia mengatakan jika dipilihnya degan karena banyak memiliki manfaat terutama menghilangkan kadar kolestrol.

“Sebelumnya  saya sudah berdagang bakso selama 4 tahun, tapi untuk ini saya baru 4 bulan. Awalnya inovasi ini karena saya ingin membuat hidangan bakso tapi menyehatkan makanya saya mencoba kombinasi dengan kelapa muda yang punya banya khasiat salah satunya mengurangi kolestrol” Ungkap Hijrat, Senin (8/10/2018).

Sementara hidangan yang disajikan berupa, Bakso yang seluruhnya di masukan kedalam Degan sebagai pengganti Mangkok, untuk daging kelapa beberapa di campurkan kedalam bakso dan sebagian diambil untuk minuman es Degan. Terkait harga yang dibandrol untuk Bakso Degan sebesar Rp 25.000 sudah termasuk es Degan.

Disisi lain Hijrat mengungkap bahwa dirinya membuat beberbagai bumbu racik rempah agar cita rasa bakso dengan degan dapat menjadi satu. Adapun untuk hari libur sabtu dan minggu mampu menghabiskan 260 Degan dalam satu hari, namun untuk hari biasa 40 – 50 Degan dalam sehari.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00