• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Air PDAM di Gunungjati Cirebon Kuning dan Asin

24 September
10:49 2018
0 Votes (0)

KBRN,Cirebon; Pelanggan air bersih PDAM di Kecamatan Gunungjati Kabupaten Cirebon mengeluhkan kualitas air yang berwarna dan asin.


Selama dua bulan terakhir warga perumahan diwilayah Kecamatan Gunung jati Kabupaten Cirebon terpaksa menggunakan air ledeng berwarna kuning dan asin.
Salah seorang warga Perumahan Puri Mulia Gunungjati, Heny Rahayu melalui pesan WA kepada RRI, Senin (24/9/2018) mengatakan, keluhan sudah disampaikan kepada PDAM namun hingga saat ini belum ada keterangan atau informasi yang jelas.

"Warga sudah lapor ke PDAM tapi  belum ada solusi. Ini sebagian warga juga terserang penyakit kulit," tutur Heny dengan sedih.

Pihaknya berharap PDAM bisa segera menyelesaikan permasalahan air ledeng sehingga warga perumahan di Kecamatan Gunung Jati terhindar dari penyakit dan bisa mengkonsumsi air bersih dengan layak.

Untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan, Heny dan beberapa warga terpaksa membeli air bersih per hari sampai 4 dirigen bahkan ketika hari libur bisa mencapai 10 dirigen lebih.

"Ya kami terpaksa mengeluarkan banyak uang untuk membeli air bersih, per hari saja bisa sampai 4 dirigen dengan harga per satu dirigen 3000 rupiah," ujarnya.

Sementara itu Direktur Utama PDAM Tirta Jati Kabupaten Cirebon, Suharyadi ketika dikonfirmasi menjelaskan, Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) Babadan sedang mengalami gangguan akibat bendung karet bacor, sedangkan bendung karet menjadi kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai BBWS Cimanuk - Cisanggarung.

Pihaknya mendesak agar BBWS segera melakukan perbaikan secara permanen maupun sementara.

"Hasil dari koordinasi dengan BBWS, telah dibuat Kisdam atau tanggul sementara yang bisa mengurangi air laut masuk kedalam unit produksi atau instalasi pengolahan air. Semoga dengan langkah ini pelayanan air ledeng akan normal kembal," jelasnya.

Selanjutnya PDAM bersama BBWS juga akan memantau proggres pekerjaan kisdam dilapangan dan menyakinkan pelayanan air PDAM kedepan akan lebih baik dari sisi kualitas.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00