• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Berita Olahraga

1.600 Pelari Berpartisipasi dalam Jakarta Kizuna Ekiden 2018

22 September
20:29 2018
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta :  Koran Jepang Mainichi Shimbun bekerjasama dengan harian nasional Kompas, untuk kelima kalinya menggelar lomba lari estafet Jakarta Kizuna Ekiden pada Minggu, 23 September 2018.

Lomba lari ini bertujuan untuk meningkatkan kekompakan para pekerja Indonesia dan Jepang yang bekerja di perusahaan-perusahaan Jepang di Indonesia. Karenanya, dalam setiap tim yang terdiri dari 4 orang, harus ada satu orang Jepang atau satu orang Indonesia. Untuk tahun ini,  peserta Kizuna Ekiden tercatat 1.600 orang yang terbagi dalam 400 tim.

Yang istimewa dalam event Kizuna Ekiden tahun ini, bertepatan dengan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia. Terkait hal ini Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii mengatakan, Kizuna Ekiden merupakan momentum untuk lebih mempererat hubungan bilateral Jepang-Indonesia dalam berbagai bidang, termasuk olahraga.

“Selama 60 tahun hubungan diplomatik Jepang-Indonesia, sudah banyak hal yang dilakukan Jepang bagi anak-anak muda Indonesia yang akan membawa masa depan dua negara ini, dengan slogan ‘kerja bersama, maju bersama’,” kata Ishii dalam keterangan pers di Jakarta, Sabtu (22/9/2018).

Ishii juga mengatakan, Jakarta Kizuna Ekiden, sudah diakui sebagai event yang menjadi bagian program pertukaran kebudayaan melalui olahraga, oleh lembaga Sport for Tomorrow di Jepang. Karena spirit Jakarta Kizuna Ekiden bukan mengutamakan kompetisi, tapi lebih mengedepan pada persahabatan, kerjasama dan solidaritas. Dubes Jepang juga akan menjadi peserta bersama tim Kedubes Jepang, yang menamakan tim mereka 'Tim Kura-Kura'.

Penyelenggaraan Jakarta Kizuna Ekiden 2018, mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia. Deputi IV Kemenpora  Mulyana mengatakan, event ini menjadi poin penting kesinambungan hubungan persahabatan Jepang dan Indonesia.

“Kita berharap, melalui event ini, Jepang ikut mempromosikan olahraga tradisional Indonesia pencak silat, supaya bisa dikompetisikan dalam ajang Olimpiade di Jepan tahun 2020 mendatang,” tukas Mulyana.

Dalam Jakarta Kizuna Ekiden 2018, setiap pelari menempuh jarak sejauh 3 kilometer, dan para pelari harus mengenakan Tasuki atau selempang.  Untuk tahun ini, dihadirkan 4 guests runner atau pelari tamu, yaitu pelari perempuan asal Jepang Yoshimi Ozaki, pesepakbola asal Jepang Shohei Matsunaga, pesepakbola Indonesia Ponaryo Astaman, dan anggota girlband JKT 48 Haruka Nakagawa 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00