• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Berita Olahraga

Kota Kupang Berpeluang Raih Juara Umum Porprov NTT 2018

14 September
21:41 2018
1 Votes (5)

KBRN, Kupang : Peluang besar kontingen Kota Kupang merebut posisi juara umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Nusa Tenggara Timur 2018 semakin terbuka lebar. Pantauan RRI dari berbagai hasil sementara perolehan medali setiap kontingen sejak 10-14 September pukul 19.00 Waktu Indonesia Tengah WITA), Kota Kupang masih berada  pada posisi teratas peolehan  medali yakni, 53 medali emas, 35 medali perak, dan 16 medali perunggu.

Posisi kedua ditempati kontingen Kabupaten Ngada dengan hasil 13 medali emas, 15 medali perak, dan 20 medali perunggu. Posisi ketiga sementara diraih kontingen Kabupaten Belu dengan hasil 12 medali emas, 13 medali perak dan 13 medali perunggu. Peringkat keempat ditempati kontingen asal Kabupaten Alor dengan hasil 8 medali emas, 5 medali perak dan 5 medali perunggu. Posisi kelima besar sementara ditempati kontongen Kabupaten Manggarai dengan hasil 7 medali emas, 3 medali perak, dan 14 medali perunggu.

Posisi keenam ditempati kontingen Manggarai Barat yakni, 5 medali emas, 6 medali perak, 10 medali perunggu. Sumba Timur, 5 medali emas, 3 medali perak, dan 8 medali perunggu. Timor Tengah Utara, 5 medali emas, 2 medali perak, dan 14 medali perunggu. Kabupaten Kupang, 4 medali emas, 14 medali perunggu, dan 5 medali perak. Ende 3 medali emas, 9 medali perak, dan 5 medali perunggu.

Sumba Tengah, 3 medali emas, 2 medali perak, dan 7 medali perunggu. Malaka, 3 medali emas, 1 medali perak, dan 5 medali perunggu. Flores Timur 2 medali emas, 6 medali perak, dan 6 medali perunggu. Sumba Barat, 2 medali emas, 3 medali perak, dan 9 medali perunggu. Sikka, 2 medali emas, 2 medali perak, dan 3 medali perunggu. Sabu Raijua, 2 medali emas, empat medali perunggu.

Sumba Barat Daya, 1 medali emas, 3 perak, 5 perunggu. Rote Ndao 1 medali emas, 2 perak, 8 perunggu. Timor Tengah Selatan, 1 emas, 2 perak, dan 3 perunggu. Manggarai Timur, 1 medali emas, 1 perak, dan 2 perunggu. Dan urutan terakhir ditempati kontingen dari Kabupaten Nagekeo, 1 medali emas, dan 3 medali perunggu.

Hasil tersebut, belum termasuk perolehan medali secara keseluruhan dari sejumlah cabang olahraga seperti Sepak Takraw, Tenis Meja, Tinju, Bulutangkis, Basket, Futsal, Sepakbola, dan Bola Voli. Karena hingga berita ini diturunkan, masih berlangsung sejumlah pertandingan partai final, yang direncanakan berlangsung, Sabtu (15/09/2018).

Terkait hasil tersebut, Ketua Kontingen Kota Kupang Dumuliahi Djami mengatakan, dengan kekuatan 335 atlet dan menjadi kontingen terbanyak pada Porprov NTT 2018 telah mempersiapkan diri dengan baik bersama seluruh cabang olahraga dan para pelatih.

Kontingen Kota Kupang juga menurunkan 335 atlet pada semua cabang olahraga yang dipertandingkan dan diperlombakan yakni sebanyak 14 cabor yaitu, Atletik, Tinju, Kempo, Tae Kwondo, Pencak Silat, Catur, Sepakbola, Bola Voli, Bulutangkis, Bola Basket, Futsal, Sepak Takraw, Tarung Derajat, dan Tenis Meja.

Ketua Umum KONI Nusa Tenggara Timur Andre W. Koreh usia memimpin Upacara Penghormatan Pemenang pada Cabang Olahraga Tarung Derajat, Jumat (14/09/2018) petang mengatakan, secara keseluruhan proses pertandingan dan perlombaan 14 cabang olahraga rata-rata berjalan aman dan lancar.

Walaupun pada cabang olahraga tertentu seperti Pencak Silat masih membutuhkan pembenahan lebih lanjut.

“Secara keseluruhan, semua pertandingan berjalan lancar. Ada hal-hal teknis yang kurang, saya kira itu bagian dari upaya evaluasi kita. Akan tetapi secara keseluruhan, semuanya berjalan baik sesuai dengan rencana. Jadwal-jadwal juga berjalan dengan baik dan beberapa cabor juga sudah menyelesaikan pertandingan maupun perlombaannya,” ujar Andre Koreh selaku Ketua Umum KONI NTT Usai UPP Cabor Tarung Derajat di Aula Ben Boi Kota Kupang, Jumat (14/09/2018) petang.

“Mungkin yang perlu diperbaiki adalah, arus informasi yang semakin update sebagai pengeluhan para kontingen. Saya akan mengumpulkan semua ketua kontingen dan ketua cabor besok yang dimana akan dibahas khusus acara penutupan, sehingga pada 16 September sore itu semua berjalan meraih dan sukses,” tutur Andre Koreh lebih lanjut.

Sementara itu dari cabang olahraga Futsal, Kota Kupang dan Kabupaten Sikka akan bertemu pada partai final yang berlangsung, Sabtu (15/09/2018) di Lapangan Futsal Oepoi Kupang. Sedangkan Kabupaten Belu dan Timor Tengah Selatan akan merebut posisi ketiga.

Pada cabang olahraga Sepakbola, kontingen Alor dan Belu akan berkompetisi dipartai Final merebut medali emas, sementara Kabupaten Kupang dan Malaka, akan merebut posisi ketiga yang berlangsung Sabtu 15 September 2018, di Lapangan Lanud El Tari Kupang.

Selain dua cabang olahraga tersebut, ada sejumlah cabang olahraga yang akan mempertandingkan beberapa nomor final pada Sabtu 15 September adalah, Tenis Meja, Bola Basket, Sepak Takraw, Bulutangkis, Bolavoli dan Tinju. Sementara itu, penutupan Pekan Olahraga Provinsi NTT Tahun 2018 direncanakan akan berlangsung pada, Minggu  (16/09/2018) di Stadion Oepoi Kupang, Pukul 15.00 Waktu Indonesia Tengah. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00