• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Proyek Jembatan Penghubung Solo Selatan dan Utara Dikerjakan Dua Tahap

14 September
21:46 2018
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta: Pembangunan kembali Jembatan Abang, Bibis, Solo akhirnya dilakukan bertahap tahun 2018 dan 2019. Hal ini dilakukan, karena anggaran yang dibutuhkan cukup besar sekitar Rp 18 miliar.

"Jadi tidak jadi jamak (Multi years). Tahun ini dikerjakan sesuai jadwal. Sisanya tahun depan," kata Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan DPU PR Surakarta, Joko Supriyanto kepada RRI, Jum'at (14/9/2018).

Joko Supriyanto mengatakan pemkot telah menganggarkan kebutuhan anggaran pembangunan jembatan yang melintang Sungai Anyar tahun 2018 dan 2019. Dengan demikian proyek tahap satu dikerjakan mulai bulan ini sampai pertengahan Desember. "Setelah itu proyek tahap kedua akan kembali dikerjakan awal tahun 2019," sambungnya. 

Dijelaskan Joko, pekerjaan tahun pertama meliputi pembongkaran jembatan lama yang tengah berlangsung. Dilanjutkan pembangunan pondasi, abbotman dan pembuatan pilar dua buah serta pengadaan girder (Balok gelagar) jembatan. 

"Sementara plat lantai, perlengkapan pendukung, hingga finishing dilakukan 2019," ujarnya. 

Kendatipun proyek berjalan dua tahap Pemkot menjamin lelang proyek tahap dua tidak terlalu lama dari penatapan APBD 2019.  

Walaupun dua tahap selesainya tidak terlalu lama. Setelah Perda APBD disahkan kita dapat DIPA langsung lelang. Karena desain sudah dibuat selesai satu tahap, hanya pengerjaan saja yang dua tahun," bebernya.

Terpisah, Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Ari Wibowo mengakui adanya peningkatan arus lalu lintas di sekitar Jembatan Ngemplak dan Kandangsapi selama beberapa hari terakhir. 

Hal itu terjadi lantaran akses pengendara menuju Jembatan Bibis sudah ditutup, seiring dirobohkannya jembatan tersebut. Pihaknya mengaku sudah membantu mengintervensi lalu lintas di kedua lokasi tersebut dengan menerjunkan petugas pada jam-jam sibuk.

"Kami berharap pekerjaan jembatan bisa selesai tepat waktu seperti rencana awal sehingga segera bisa dilalui lalulintas kembali.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00