• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pemkot Berhentikan Sopir BST yang Nakal

14 September
21:08 2018
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta: Sejumlah pengemudi bus Batik Solo Trans (BST) diberhentikan karena dinilai melanggar aturan. Pengemudi bus BST itu dinilai ugal-ugalan. Selain itu juga dinilai melanggar standar operasional prosedur (SOP).

Kabid Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Taufiq Muhammad menyatakan, pemberhentian pengemudi ini lantaran tingginya komplain dari masyarakat.

"Sementara sudah lima pengemudi yang dikeluarkan (dari pekerjaan), karena Pemkot Surakarta sering mendapatkan komplain dari masyarakat," tandas Taufik Muhammad, Jumat (14/9/2018).

Laporan masyarakat itu terkait oknum pengemudi yang ugal-ugalan, melanggar lampu, traffic light, hingga menurunkan penumpang di sembarang tempat. Taufiq mengklaim, setiap pengaduan yang diterima pemkot melalui media sosial maupun kanal lain itu selalu disampaikan kepada pengelola BST. 

"Kami selalu menyampaikan kepada pengelola, manakala ada laporan terkait pengemudi harus ada tindakan. Mulai pemberian skorsing selama dua minggu, sampai pemecatan jika yang bersangkutan sudah menerima skorsing sebanyak dua kali," ujarnya.

Taufik mengungkapkan, berdasarkan catatannya, mayoritas pelanggaran pengemudi BST terjadi di Koridor tiga. Taufiq mengakui, upaya pemkot untuk membenahi kebiasaan pengemudi BST di jalur tersebut belum berhasil. 

"Sejak awal kami memang sulit dalam menentukan pengemudi, karena disatu sisi harus mengakomodir kru bus kota lama yang sebelumnya beroperasi di jalur tersebut. Sebab jika langsung diganti pengemudi baru, mereka protes kehilang pekerjaan."

Terpisah manajemen PT Bengawan Solo Trans selaku pengelola BST Koridor 3 tidak menampik temuan pelanggaran tersebut. Dirut PT Bengawan Solo Trans Farida Wardhatul Jannah mengakui, sebagian kru masih membutuhkan adaptasi dengan SOP baru. "Karena hampir semua pengemudi berasal dari perusahaan otobus (PO) lama," ungkapnya.

Merujuk prosedur operasional standar yang disusun pemkot, setiap kru BST wajib menaikturunkan penumpang di selter yang sudah disediakan. Mereka juga dilarang saling mendahului, lantaran waktu jeda antarbus headway telah ditetapkan yakni 6 menit (pada jam sibuk) dan 10 menit (di luar jam sibuk).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00