• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Aceh Tengah Kembangkan Wisata Kebun Kopi

14 September
20:53 2018
0 Votes (0)

KBRN, Takengon : Pemerintah kabupaten Aceh tengah tampaknya sangat serius dalam mengembangkan potensi pariwisata dikabupaten tersebut. Selain Danau Lut Tawar dan sejumlah objek wisata lainnya, keberadaan kebun kopi mulai dilirik untuk dijadikan destinasi  wisata unggulan.

Camat Bies Maidin kepada RRI mengatakan pihaknya saat ini telah menjadikan perkebuan kopi warga yang berada di kampung Tebes Lues kecamatan setempat sebagai wisata kampung kupi pertama di dataran tinggi gayo.

Menurutnya perkebunan kopi sangat potensial dikembangkan sebagai destinasi wisata dan diyakini akan memiliki daya tarik tersendiri bagi wistawan lokal maupun mancanegara. Para wisatawan nantinya dapat turut serta dalam keseharian petani kopi seperti merawat, memetik hingga mengolah kopi sampai menjadi minuman yang siap untuk dinikmati.

Masyarakat setempat juga ungkapnya beberapa waktu lalu telah mendapat bimbingan dan pelatihan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwista (Disbudpar) Propinsi Aceh dalam pengembangan wisata kampung kopi tersebut.

“Waktu itu Dinas Pariwasata propinsis membawa seorang kepal desa yang telah berhasil mengembangkan wisata agro, kalau tidak salah saya wisata persawahan dan berhasil meraup pendapat desa sebesar Rp 5 milliar pertahunnya. kalu kita tidak usah dulu 5 milliar, tapi 1 milliar saja satu tahun itukan sudah sangat luar biasa.”Ungkapnya, Jum’at (14/9/2018)

Selain itu momentum Gayo Alas Mountain Internasional Festival (GAMIFest) diharapkan menjadi ajang promosi bagi keberadaan wisata kampung kupi tersebut. Meski tidak masuk dalam agenda kegiatan GAMIFest, pihaknya akan terus berupaya untuk menghadirkan para pengunjung ke objek wisata bebasis perkebunan tersebut.

“Sebenarnya kami ingin dijadwalkan ada kunjungan dari peserta dan pengunjung  ke kampung kupi ini, karena kami ingin menjual produk dan kami punya target laku 5000 gelas kopi. Namun karena mungkan ada miss komunikasi ini tidak masuk agenda, sehingga ya hanya kunjungan biasa saja.” ujarnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00