• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Langen Carita Mendukung Pendidikan Karakter di Kulon Progo

14 September
20:52 2018
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menilai Langen Carita mendukung Pendidikan Karakter yang kini tengah diterapkan di wilayah ini.

Kepala Dinas Kebudayaan Kulon Progo Untung Waluyo mengatakan, Perda Pendidikan Karakter coba diimplementasikan oleh Dinas Kebudayaan, salah satunya melalui Langen Carita. Cara mendidik dari perguruan Tamansiswa pada zaman dahulu ini, dipandang mampu meningkatkan daya kreasi, kreativitas, nalar, dan sifat baik lainnya kepada anak – anak. Melalui Langen Carita, anak tidak hanya diam, namun mereka belajar bergerak, bernyanyi hingga bersyair.

"Langen Carita merupakan sebuah gerakan, lagu dan tembang, sehingga anak - anak yang memainkannya secara tidak langsung akan menjiwai nilai - nilai kemanusiaan, peradaban, kemuliaan yang tertuang dalam sebuah cerita," jelas Untung di Kulon Progo Jumat (14/09/2018).

Untung menambahkan, Langen Carita berkembang dengan baik di Kulon Progo saat ini. Hal ini bisa dibuktikan, dari pengiriman kontingen untuk mengikuti Festival Langen Carita yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan DIY pada tanggal 16 September.

Dalam Acara yang mengambil tempat dikawasan Dinas Kebudayaan DIY ini, Kontingen Kulon progo mengangkat lakon Greget Karang, yang menceritakan perjuangan Pangeran Diponegoro melawan penjajah di perbukitan menoreh. Penampil dari Kulon Progo merupakan anak – anak pilihan, dari Festival Langen Carita di Kulon Progo beberapa waktu lalu.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00