• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Bawaslu Kota Cirebon Siap Awasi PSU Di 24 TPS

14 September
20:41 2018
0 Votes (0)

KBRN, Cirebon : Bawaslu Kota Cirebon mengapresiasi responsivitas stakeholder di Kota Cirebon terhadap putusan Mahkamah Konstitusi yang memerintahkan dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 24 TPS yang tersebar di 4 Kecamatan di Kota Cirebon. Hal itu, sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan terhadap perkembangan demokrasi di Kota Cirebon.

"Terkait dengan pelaksanaan PSU dalam hal ini yang menjadi tugas dan wewenang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon, harus menyiapkan segala sesuatunya, baik dari sisi logistik seperti surat suara, tinta, segel, formulir, dan lainnya serta sumberdaya manusia (SDM) untuk jajaran pelaksana di bawahnya seperti PPS dan KPPS termasuk bimbingan teknisnya," ujar M.Joharudin pada Jumat (14/09/2018).

Mengenai waktu pelaksanaan PSU sejauh ini  secara formal dalam bentuk surat Bawaslu Kota Cirebon belum mendapatkan informasi dari KPU Kota Cirebon. " Kalau dari komunikasi secara informal dengan Komisioner KPU Kota Cirebon Dr Sanusi via telepon terkait dengan jadwal PSU yang beredar itu baru rencana tahapan yang dibuat oleh KPU Kota Cirebon, disampaikan juga oleh pihak KPU bahwa mereka tengah berkoordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Barat sebagai atasan langsung dan setelah itu juga akan menggelar rapat koordinasi dengan Bawaslu maupun pasangan calon sebagai peserta." Ucap Joharudin.

Lebih lanjut Joharudin menuturkan Bawaslu Kota Cirebon sebagaimana perintah Mahkamah Konstitusi harus mengawasi dengan ketat PSU tersebut dan telah melakukan sejumlah langkah. Antara lain, melaporkan dan berkoordinasi terkait PSU tersebut kepada Bawaslu Jawa Barat pada saat kegiatan Bimtek Bawaslu Kab/Kota Se-Provinsi Jabar, di Bandung yang dihadiri juga Ketua Bawaslu RI Abhan.

Pada pelaksanaan PSU ini dari Bawaslu Jawa Barat dan Bawaslu RI akan mensupervisi langsung ke Kota Cirebon. Beberapa catatan penting yang diberikan kepada Bawaslu Kota Cirebon utamanya adalah kesiapan segala sesuatunya dari pihak KPU Kota Cirebon. Sebab, jangan sampai jika tidak dipersiapkan dengan matang segala aspeknya hasil PSU berpotensi di-PSU-kan lagi seperti yang pernah terjadi di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

Bawaslu Kota Cirebon pada Sabtu (15/09/2018) juga akan menggelar rapat dengan seluruh Panwascam se-Kota Cirebon untuk persiapan pengawasan PSU di Kota Cirebon. Selanjutnya Bawaslu Kota Cirebon juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk terlaksananya PSU sebagaimana perintah MK.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00