• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Berita Olahraga

Olahraga Permainan Tradisional Nglarak Blarak Terus Berkembang di Kulon Progo

14 September
20:27 2018
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menilai, olahraga permainan tradisional Nglarak Blarak semakin  berkembang di wilayah ini. Banyak lomba diadakan oleh masyarakat, hingga tingkatan yang paling bawah.

Kepala Dinas Kebudayaan Kulon Progo Untung Waluyo mengatakan, Nglarak Blarak kini telah menjadi identitas masyarakat Kulon Progo. Olahraga permainan tradisional ini makin berkembang, yang bisa tergambarkan pada kemeriahan lomba pada tahun lalu.

Gambaran lain, adalah permintaan kepada Dinas Kebudayaan, untuk menjadi penilai dalam lomba Nglarak Blarak antar Kampung. Menurut Untung Waluyo, Olahraga permainan tradisional ini, merupakan ajang konsolidasi organisasi Karang Taruna, agar mereka semakin aktif, dan budaya di Kulon Progo, tetap terjaga.

"Nglarak Blarak disingkat nglabrak. Jadi filosofinya adalah melawan kemiskinan, kebodohan, ketertinggalan," ungkap Untung di Taman Budaya Kulon Progo jumat (14/09/2018).

Untuk menanggulangi kemiskinan ditambahkan untung, janganlah berpikir tentang kekinian saja, namun  juga kegiatan yang memang benar - benar menjadi penyangga, identitas Kulon Progo, salah satunya adalah penderes nira kelapa.

Agar Nglarak Blarak semakin lestari, dijelaskan Untung, maka akan diadakan lomba Nglarak Blarak tingkat kecamatan, Mulai jumat tanggal 14 September hingga minggu 30 September. Pemenang masing – masing Kecamatan, nantinya akan maju ke lomba tingkat kabupaten, pada tanggal 27 oktober di Alun – Alun Wates.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00