• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Bawaslu: Iklan Bendungan Jokowi di Bioskop Bukan Kampanye

14 September
19:32 2018
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Komisioner Bawaslu Rahmat Bagja menegaskan, Iklan Bendungan pada Pemerintahan Jokowi yang tayang di bioskop bukan sebuah kampanye. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo) dinyatakan sah jika mempunyai program komunikasi publik tersebut.

"Betul, yang dilakukan kominfo tidak masalah dan sah-sah saja. Wajar Kemkominfo menayangkan sebagai lembaga pemerintah," jelasnya kepada Pro 3 RRI, Jumat (14/9/2018).

Menurutnya, sampai saat ini Jokowi statusnya masih Bakal Calon Presiden (Bacapres). Namun, setelah memasuki masa kampanye pada tanggal 20 September sampai 23 September 2018 status Presiden RI tersebut menjadi dua, yaitu Presiden dan Bacapres.

“Sebagai aturan pemilu tidak masalah, selama belum masuk masa kampanye,” tuturnya.

Sementara itu, kampanye sendiri mempunyai beberapa unsur yaitu peserta pemilu menyampaikan visi, misi, dan program kerja. Pada iklan tersebut, lanjut Rahmat, tidak menyampaikan ketiga unsur tersebut.

"Iklan tersebut anggap saja keuntungan untuk pemerintah karena menayangkan pencapaian dan kesuksesan dan sekali lagi, kecuali masuk masa kampanye nanti akan berubah, akan ada peraturannya," tegasnya.

Ia mencontohkan seprti kasus Tagar #2019GantiPresiden yang tengah marak saat ini. Hal tersebut, menurutnya, setelah tanggal 20 september 2018 tidak mungkin masih terjadi. "Tidak mungkin bawaslu diam saja," pungkasnya.

Sebelumnya, tayangan iklan kinerja pemerintahan Joko Widodo yang diputar semenjak pekan lalu di jaringan bioskop di seluruh Indonesia, telah menjadi kontroversi dari berbagai kalangan masyarakat serta dari kalangan Kubu Prabowo-Sandi.

Iklan yang dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika ini dituding sebagai kampanye terselubung untuk kepentingan Joko Widodo dalam pemilihan presiden tahun depan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00