• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dinas Perpustakaan Dan Arsip Kota Kediri Amankan Data Letter C

14 September
18:59 2018
0 Votes (0)

KBRN, Kediri : Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Kediri memiliki langkah jitu dalam mengamankan data penting, terutama data tanah Letter C.

"Upaya ini, kami lakukan dengan   digitalisasi data tanah Letter C. Hal ini karena sejumlah data penting ini dikhawatirkan rusak atau terbawa perangkat kelurahan setempat," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Kediri, Dewi Sartika, saat ditemui di Balai Kota Kediri, Jumat (14/9/2018).

Menurut dia, program digitalisasi data tanah atau Letter C tersebut diadakan di 46 kelurahan yang menyebar di Kota Kediri. Cara ini dilaksanakan, karena adanya sejumlah informasi terkait data tanah di kelurahan yang mengalami kerusakan.

"Apalagi karena telah berusia puluhan tahun," katanya.

Tahapan digitalisasi ini, tambah dia, telah diawali sejak bulan Juli 2018. Pihaknya optimistis, pada bulan Oktober mendatang seluruh proses di 46 kelurahan bakal selesai tepat waktu.

Oleh karena itulah, dalam satu hari pihak Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Kediri berupaya mengirimkan 9 orang petugas. Mereka ini kemudian dibagi menjadi tiga tim.

"Masing-masing dari mereka bakal berkoordinasi ke perangkat kelurahan," katanya.

Dengan adanya proses ini, lanjut dia, maka data tanah yang bertahun-tahun semula ditulis di kertas, maka bisa tersimpan dengan aman dan tidak mudah rusak.

Kini, pihaknya juga mengakuisisi arsip kantor yang sudah dihapus oleh pemerintah daerah setempat. Contohnya, data di Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Kediri yang kini sudah diambil alih.

"Untuk menjalankan program ini, kami tidak mengeluarkan anggaran dana yang besar. Terlebih lagi, data yang ada cukup di-scan dan disimpan dalam flash disk," katanya.

Perlu diketahui, terkait dokumen di Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat tersebut, maka mulai sekarang di simpan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Kediri.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00