• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

PMI Bengkulu Kekurangan Pasokan Darah

14 September
17:37 2018
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bengkulu sejauh ini terus mengupayakan pemenuhan kebutuhan darah untuk masyarakat yang membutuhkan dalam wilayah Provinsi Bengkulu.

Ketua PMI Provinsi Bengkulu F. AS Alwi di sela-sela peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 PMI di halaman Gedung Korpri Bengkulu menyatakan, pemenuhan kebutuhan darah untuk masyarakat Bengkulu merupakan problem, yang mau tidak mau harus dicarikan solusinya.

Bahkan tidak jarang diakuinya, dalam mensuplay pemenuhan kebutuhan darah, pihaknya harus mendatangkan dari PMI Kabupaten, seperti Kabupaten Rejang Lebong, dan Bengkulu Utara, termasuk juga pernah meminta ke PMI dari daerah tetangga Provinsi Bengkulu.

“Kita nilai kesadaran masyarakat di Provinsi Bengkulu untuk mau mendonorkan darahnya masih rendah, meskipun berbagai upaya himbauan terus dilakukan pihaknya, seperti dilakukan sayembara untuk hadiah dalam rangka menggerakan motivasi masyarakat, agar mau mendonorkan setetes darahnya untuk orang lain,” ujarnya, Jumat, (14/9/2018).

Lebih jauh dijelaskannya, untuk kebutuhan darah di Provinsi Bengkulu saat ini mencapai 200 kantong perbulannya.

Sedangkan ketersediaannya, ada yang terpenuhi, namun tidak jarang juga tidak mencukupi. Sehingga ketika tidak terpenuhi, kata Alwi, pihaknya melakukan berbagai upaya mendatangkan darah dari wilayah kabupaten dan termasuk juga dari daerah tetangga provinsi Bengkulu.

“Langkah lain yang kita lakukan untuk memenuhi persediaan darah yang masih cukup terbatas bagi masyarakat Bengkulu ini, selain terus mendorong adanya relawan darah yang terus bergerak setiap harinya, juga rutin setiap harinya mobil donor darah berkeliling di pusat keramaian dalam wilayah Kota Bengkulu, mencari pendonor yang mau mendonorkan darahnya,” pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00