• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Tinta Habis, Pencetakkan KTP El di Samarinda Terhenti

14 September
16:29 2018
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Lebih dari satu bulan terakhir ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Samarinda menghentikan layanan pencetakkan KTP Elektronik akibat persediaan tinta khusus jenis ribbon untukmencetak KTP-El telah habis.

Sekretaris Disdukcapil Kota Samarinda Subhanmengakui pihaknya kehabisan tinta sejak Minggu terakhir bulan Juli lalu. Menurut Subhan, di awal pengadaan pihaknya telah menganggarkan 147 unit tinta untuk keperluan selama satu tahun.

Namun mendekati Pelaksanaan Pemilihan Gubernur Kaltim 27 Juni 2018 Disdukcapil Samarinda mendapatkan instruksi dari Kementerian Dalam Negeri untuk mempercepat proses pencetakkan KTP El bagi63 ribu penduduk yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap.

“Demi kesuksesan Pilgub Kaltim Juni Kemarin, Kami mendapat Instruksi Pusat untuk mempercepat pencetakan KTP El bagi 63 ribu lebih penduduk Samarinda sehingga di Minggu terkahir bulan Juli Kami kehabisan tinta untuk mencepat KTP. Kami memohon maaf kepada masyarakat Kota Samarinda karena harus menunggu lagi,” kata Subhan, Jumat (14/9/2018).

Namun, Disdukcapil Samarinda lanjut Subhan telah mengusulkan pengadaan tinta di APBD Perubahan Kota Samarinda yang diyakininya akan terakomodir paling lambat bulan Oktober mendatang. Untuk sementara Disdukcapil Samarinda terpaksa untuk hanya mengeluarkan Surat Keterangan (Suket) bagi masyarakat yang telah melakukan perekaman KTP El.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terbaru

00:00:00 / 00:00:00