• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Awang Sebut Penjabat Sementara Bakal Pimpin Kaltim

14 September
15:41 2018
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Adanya info terbaru terkait pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur terpilih Isran Noor-Hadi Mulyadi yang diundur hingga Desember mendatang ikut dijawab tim dari Isran Noor saat dikonfirmasi Jumat (14/9/2018).

Sebelumnya, saat pelantikan Kepala Daerah terpilih beberapa waktu lalu, Kemendagri melalui Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, sampaikan bahwa pelantikan Kepala Daerah terpilih Kaltim akan dilakukan pada 27 September mendatang. Namun, di pertengahan Desember, justru muncul kabar bahwa pelantikan akan diundur hingga masuk Desember.

“Jadi begini, kami dapat kabar terkait diundur sampai Desember. Yang menyampaikan adalah pihak dari Kemendagri. Tetapi, yang menyampaikan jika pelantikan akan dilakukan pada 27 September kemarin itu juga dari Kemendagi,” ucap Irfan, salah satu tim Humas Isran Noor.

Pihak Isran Noor disaampaikannya sudah lakukan konfirmasi kepada pihak Kemendagri terkait hal itu.

“Kami sudah konfirmasi ke Kemendagri. Satu sisi, Kemendagri sampaikan wajar belum keluar surat (keputusan pengunduran diri ataupun PJ Sementara Gubernur). Ini karena proses pengunduran diri Awang baru bisa diproses setelah tanggal 20 September, berhubungan dengan proses DCT beliau di tanggal tersebut. Informasi yang kami dapat proses (menuju pelantikan) baru bisa dilakukan setelah 20 September,” ucapnya.

Apakah hingga tanggal saat ini, sudah ada surat resmi dari Kemendagri terkait proses pelantikan, disebut Irfan belum diterima sama sekali.

“Intinya belum ada kejelasan, apakah pelantikan di 27 September atau di Desember. Intinya dari kami (tim Isran-Hadi), siap saja jika diminta ke sana untuk pelantikan. Apakah itu di September atau Desember. Bapak (Isran Noor) juga santai saja. Kami ikuti administrasi dari Kemendagri,” ucapnya.

Sementara itu, dalam proses kosong kepemimpinan sejak 20 September hingga 18 Desember, masa jabatan Gubernur Kaltim Awang Faroek, ikut dijawab Awang saat ditemui di kediamannya di hari yang sama. Bahkan, sampai saat ini, Awang mengaku sudah siap, dibuktikan dengan dicicilnya barang-barang di rumah jabatan untuk dipindahkan ke rumah pribadi di Jalan Barito Samarida.

“Pindah ke Barito. Rumah pribadi. Sudah siap saya,” ucap Awang.

Siapa yang akan memimpin Kaltim sejak 20 September sampai 18 Desember disampailkan Awang adalah Penjabat Sementara yang akan diputuskan oleh Kemendagri.

“Tinggal tunggu pejabatnya(Penjabat Sementara Gubernur) . Namanya masih  rahasia. Hari ini (13/09/2018) Mei (Plt Sekprov Kaltim) rapat di Jakarta. Pj bertugas mulai dilantik sampai 17 Desember. Kemudian, pada tanggal 18 (Desember) saya kembali jadi Gubernur menyerahkan jabatan ke pak Isran,” ucap Awang.

Diketahui Awang Faroek Mundur dari Posisi KT-1 Karena Ikut Kontestasi Pemilihan Legislatif DPR RI Daerah Pemilihan Kaltim dari Partai Nasdem.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00